Awali Dengan Moving Averages

Topik Utama Pembahasan Moving Averages:

  • Moving Averages adalah indikator sederhana yang dapat memenuhi kebutuhan trader dalam berbagai cara.
  • Modul / Artikel ini adalah lanjutan dari pembahasan Moving Averages pada bagian Instrumen Analisa Teknikal, dengan pembahasan yang lebih mendalam.
  • Dalam artikel ini kita mulai dengan pengujian Moving Averages paling dasar, yang dikenal dengan Simple Moving Averages atau SMA.

Simple Moving Averages yang memiliki penyebutan lainnya yaitu MVA, terdiri dari beberapa indikator yang paling serbaguna dan banyak digunakan di pasar. Moving Averages dapat digunakan untuk menyaring tren, menemukan level support dan resistance, dan bantuan dengan penerapan strategi.

Dalam artikel ini, kita akan menguji Moving Averages paling dasar, Simple Moving Averages, dan bagaimana indikator ini dapat digunakan sebagai filter tren, yang kemudian dapat digunakan untuk memberikan bias arah terhadap strategi perdagangan.

Moving Averages Dan Reaksi Terhadap Price Action

Moving Averages ini merupakan instrumen teknikal sederhana yang dirancang untuk mengukur harga rata-rata yang muncul pada grafik untuk sejumlah periode yang ditentukan. Misalnya Moving Averages periode 200 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Ini berarti bahwa harga penutupan telah diambil selama 200 periode terakhir, dijumlahkan dan kemudian jumlah tersebut dibagi dengan input ‘200’ untuk menemukan harga rata-rata. Setelah angka ini ditetapkan, harga rata-rata ditampilkan pada grafik sebagai kerangka acuan, dan karena setiap batang atau lilin baru muncul dengan informasi baru, itu juga akan tercermin dalam rata-rata saat harga baru yang lebih tinggi atau lebih rendah terdaftar dalam datanya.

Di bawah ini dapat dilihat grafik harian USDCAD dengan tren harga turun. Anda harus memperhatikan saat tren harga turun, Moving Averages akan mulai bergerak menurun juga. Dengan harga bergerak turun lebih cepat dari MVA periode 200, ini merupakan indikasi bahwa harga menurun dan tren yang berlaku adalah ‘bearish’. Begitu juga saat harga bergerak naik, seperti yang terjadi di sisi kiri grafik, harga rata-rata akan perlahan bergerak menuju tingkat yang lebih tinggi, juga. Dengan mengetahui hal ini, sekarang kita dapat menerapkan Moving Averages ke dalam analisa kita.

Trading Dengan Filter Mva

Anda mungkin melihat dari grafik di atas beberapa kelambatan yang luar biasa karena Moving Averages cukup lama untuk mulai mencerminkan tren penurunan dalam USD/CAD. Ini sebagian dirancang, dan merupakan fungsi langsung dari input yang digunakan dalam indikator. Karena ini adalah Simple Moving Averages periode 200, dan karena pembalikan ini tampaknya sangat tajam, Moving Averages memerlukan pergerakan beberapa saat sebelum Moving Averages mulai bergerak turun.

Tetapi – mungkin Anda juga memperhatikan bahwa ketika harga turun di bawah Moving Averages, setidaknya untuk kedua kalinya, harga terus turun untuk jangka waktu yang lama. Ini menyoroti potensi penggunaan Moving Averages sebagai ‘filter tren’. Jadi jika harga berada di atas Moving Averages periode 200, trader melihat pada strategi bullish sementara harga di bawah periode 200, Moving Averages menyoroti potensi tren bearish dan strategi short.

Selanjutnya

Setelah trader menilai tren, mereka kemudian memiliki bias arah yang dapat digunakan dalam berbagai cara. Seperti yang dibahas dalam artikel tentang strategi populer, filter tren dapat digunakan sebagai jenis langkah pertama dalam strategi, sehingga trader kemudian dapat mendekati pasar berdasarkan bias tren.

Atau, bahkan dalam bentuknya yang paling sederhana, trader dapat menggunakan filter Moving Averages untuk mendapatkan potensi bias dengan indikator lain yang dapat digunakan untuk masuk dan keluar posisi, seperti MACD atau RSI.

Strategi ini ada dibahas dalam artikel, Strategi Perdagangan MACD: 3 Langkah untuk Menemukan Tren. Langkah pertama dalam strategi itu adalah menilai tren, setelah itu indikator MACD dapat digunakan dengan bias berdasarkan tren.

Pada artikel berikutnya, kita akan membahas lebih dalam indikator sederhana namun serbaguna ini yang dapat membantu trader dalam berbagai cara.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.