Bagaimana Meneliti Saham: Panduan Langkah demi Langkah

Meneliti saham melibatkan penggabungan berbagai sumber informasi, deduksi dan strategi, sementara semua pasar terus berubah. Para trader saham dan investor perlu mengetahui informasi apa yang berguna bagi mereka serta cara paling efisien dan akurat untuk melakukan penelitian saham.

Artikel ini akan membahas aspek-aspek utama dalam meneliti saham:

  • Bagaimana cara memulai
  • Panduan penelitian saham secara bertahap
  • Kotak alat penelitian stok
  • Bagaimana melakukan penelitian tentang saham: Poin-poin penting
Penelitian Saham

Bagaimana Memulai Riset Saham Anda

Investor yang bijaksana seringnya tidak melakukan investasi tanpa penelitian atau pembuktian sebelumnya tentang mengapa saham menarik untuk dibeli. Riset saham dalam pengertian umum dimulai dengan pemahaman tentang tiga rincian utama tentang sebuah perusahaan:

  1. Kesehatan finansial saat ini
  2. Manajemen saat ini
  3. Visi dan petunjuk masa depan

Yang terpenting, satu hal yang gagal dilakukan banyak investor adalah menyelaraskan nilai-nilai perusahaan dengan nilai mereka sendiri, yang penting untuk menemukan investasi terbaik yang memenuhi tujuan spesifik mereka. Oleh karena itu, memperhatikan strategi investasi Anda, dan mengapa Anda ingin berinvestasi di saham dapat membantu memandu proses pengambilan keputusan Anda.

Panduan Meneliti Saham Secara Bertahap

Memahami posisi perusahaan saat ini dan masa depan, penelitian saham yang efektif perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut untuk membantu investor mencapai keputusan dalam upaya memenuhi tujuan dan strategi yang diinginkan:

  1. Jangka waktu untuk investasi
  2. Tingkat risiko
  3. Jenis industri / sektor saham
  4. Memahami produk / layanan perusahaan
  5. Laporan keuangan
  6. Analisis pesaing dan industri
  7. Mengikuti pakar industri
  8. Menggunakan platform dan terminal penelitian
  9. Jenis order saham
  10. Biaya broker

1. Jangka waktu investasi

Jangka waktu itu penting karena memungkinkan investor untuk mengidentifikasi jenis saham mana yang mungkin selaras dengan tujuan mereka. Misalnya, banyak investor muda dengan jangka waktu investasi yang panjang bersedia mengambil lebih banyak risiko dalam hal portofolio investasi. Tipe individu seperti ini akan lebih menyukai portofolio yang lebih agresif yang mungkin mencakup saham pertumbuhan yang memiliki valuasi lebih mahal.

Karena jangka waktu yang lebih lama, para investor ini biasanya dapat menolerir perubahan yang lebih besar di pasar. Kebalikannya akan benar untuk cakrawala waktu yang lebih pendek (di bawah lima tahun) karena investor ini memiliki toleransi yang lebih rendah untuk penarikan besar dalam portofolio, karena pergerakan pasar yang merugikan yang lebih besar dapat menciptakan efek jangka panjang bagi seseorang yang mendekati pensiun yang mungkin perlu segera mulai merencanakan pendapatan dari portofolio.

2. Tingkat risiko

Risiko berhubungan dengan jangka waktu karena investor menggunakan kedua komponen ini bersama-sama untuk membantu mengidentifikasi jenis saham yang akan diinvestasikan. Individu yang mencari risiko lebih tinggi akan sering lebih memilih saham pertumbuhan seperti Amazon atau Tesla; sementara investor yang menghindari risiko biasanya memilih saham bernilai yang sering kali memiliki rasio P / E lebih rendah. Saham bernilai ini mungkin dianggap undervalue dan berpotensi menarik untuk investasi jangka panjang.

Terlepas dari gaya investasi, penting untuk mempraktikkan manajemen risiko yang baik sehingga investor dapat memanfaatkan pergerakan naik sambil mencoba meminimalkan risiko penurunan.

3. Jenis industri / sektor saham

Banyak investor yang familiar dengan sektor saham tertentu yang berpotensi membuat penelitian saham di sektor tersebut lebih mudah. Memahami suatu industri memungkinkan penelitian yang lebih mendalam dalam hal input dan nuansa variabel yang tidak dapat sering diambil dari laporan keuangan.

Pasar saham sering dibagi menjadi sebelas sektor, mengungkap sektor saham untuk metode yang lebih terstruktur untuk penelitian saham

4. Memahami produk / layanan perusahaan

Membiasakan diri dengan produk / layanan perusahaan akan membantu dalam langkah analisa pesaing selanjutnya. Mengetahui apa yang membuat produk / layanan perusahaan unik, termasuk faktor biaya, sangat penting untuk prakiraan masa depan.

Banyak perusahaan memiliki penawaran produk / layanan yang beragam yang kemudian menjadikan langkah ini lebih penting dalam penelitian saham. Misalnya, dengan beberapa produk / layanan, investor perlu memahami bagaimana setiap penawaran memengaruhi perusahaan terkait biaya, pendapatan, dan potensi masa depan masing-masing.

5. Pelaporan keuangan

Perusahaan publik menerbitkan laporan keuangan yang memberikan gambaran kuantitatif perusahaan. Ini termasuk Pengumuman Penghasilan, yang memberikan banyak informasi tentang kesehatan dan kinerja keuangan perusahaan. Dari laporan perusahaan yang diajukan ke publik, investor dapat mengidentifikasi potensi bendera merah / risiko dalam perusahaan, kemampuan manajemen, manajemen hutang dan sumber pendapatan.

Laporan keuangan saat ini bukan satu-satunya dokumen penting untuk ditinjau. Data masa lalu dapat menawarkan kepada investor pengetahuan dan apresiasi yang lebih dalam tentang dari mana perusahaan berasal serta bagaimana reaksinya dalam kondisi pasar sebelumnya. Dapat dikatakan, analisis fundamental melibatkan teknik yang kompleks dan pemahaman menyeluruh tentang laporan keuangan, rumus matematika, dan pemahaman keseluruhan yang kuat tentang pasar keuangan.

6. Analisa kompetitor dan industri

Ada kasus umum di mana perusahaan memiliki persaingan langsung dengan model bisnis yang sama / serupa. Oleh karena itu, sebaiknya investor membandingkan dan menganalisis saham di antara para pesaing ini untuk menemukan ketidaksesuaian yang selanjutnya dapat mengungkap peluang investasi potensial.

Hal yang sama berlaku untuk industri secara keseluruhan. Sering kali ada kalanya perusahaan dalam suatu industri mengungguli industri dan kompetitornya, atau sebaliknya. Menggali mengapa pola yang tampaknya membingungkan ini bisa terjadi dapat memperluas pemahaman tentang bagaimana saham atau industri berperilaku dalam kondisi tertentu.

Analisa kompetitor dan industri dipandang sebagai perbandingan yang jelas untuk dibuat saat meneliti saham, tetapi mungkin bijaksana untuk menganalisis pasar lain juga. Misalnya, Royal Dutch Shell Plc dapat melakukan analisis persaingan langsung terhadap perusahaan seperti BP Plc, tetapi perbandingan lain mungkin untuk melapisi perusahaan-perusahaan ini dengan harga minyak yang mendasarinya. Komoditas utama ini ( minyak ) sangat berkorelasi dengan model bisnis, oleh karena itu mencari di luar lingkup pasar ekuitas dapat mengungkap beberapa pemahaman yang berharga.

7. Ikuti pakar industri

Cara terbaik untuk melanjutkan penelitian saham adalah dengan mengikuti pakar industri, seperti analis ekuitas yang sangat dihormati. Para ahli ini sering mempublikasikan penelitian saham mendalam yang dapat menjadi cara yang baik untuk menarik perbandingan antara analisis individu dan ahli. Ini juga merupakan cara yang baik bagi investor untuk memperluas teknik analisis ekuitas dengan mempelajari pendekatan analis dan apa yang mereka cari dalam membuat keputusan investasi.

8. Platform dan terminal penelitian

Penggunaan platform dan terminal penelitian seperti Bloomberg dapat memberi investor / analis sejumlah besar alat dan teknik analitik tambahan. Ini dapat membantu investor dengan efisiensi dan akses ke banyak pasar keuangan dan saham lainnya untuk tujuan perbandingan.

Alat kuantitatif juga tersedia pada platform tersebut untuk jenis analisa yang lebih kompleks. Platform ini bisa mahal, jadi sebelum berinvestasi di salah satunya, investor harus memastikan untuk mempertimbangkan faktor pengeluaran relatif terhadap keuntungan yang diharapkan.

9. Jenis order pada saham

Setelah penelitian selesai, investor perlu menempatkan order untuk membeli saham. Mengetahui cara kerja jenis order di pasar saham dapat membantu investor untuk lebih memfokuskan pelaksanaan strategi mereka.

Likuiditas adalah konsep lain yang dapat menghasilkan spread dan harga yang bervariasi. Likuiditas pasar saham mengacu pada kemudahan di mana saham perusahaan dapat dibeli dan dijual tanpa mengalami fluktuasi harga yang besar. Perusahaan besar dengan likuiditas tinggi seperti Apple Inc sering kali memiliki spread yang lebih ketat dengan volume saham yang lebih besar yang tersedia untuk dibeli / dijual dengan harga tertentu.

10. Biaya broker

Bagian penting namun porsi proses investasi saham yang sering diabaikan adalah biaya atau komisi broker. Pialang memiliki biaya berbeda sehingga investor harus terbiasa dengan biaya untuk menghindari kejutan yang tidak diinginkan. Informasi ini harus tersedia di situs web broker dan harus transparan.

Bagaimana Melakukan Penelitian Tentang Saham: Poin Penting

Investor dapat memperoleh saham setelah melakukan penelitian menyeluruh; dan memperhitungkan variabel sebanyak mungkin yang dapat membantu investor untuk mengambil keputusan investasi yang lebih memadai. Mungkin bisa memakan waktu berjam-jam, tetapi mengorbankan waktu akan memungkinkan investor membuat keputusan yang lebih tepat. Ingatlah langkah-langkah yang diuraikan di atas untuk membantu menyederhanakan proses penelitian saham dan menerapkan praktik manajemen portofolio yang sesuai.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.