Jangan Lupakan Pengalaman yang Anda Dapatkan dari Demo Trading

Pedagang pemula sering disarankan untuk memulai dengan akun perdagangan demo sebelum mempertaruhkan uang nyata pada akun live. Namun, ada juga banyak yang mempertanyakan apakah langkah ini diperlukan karena perdagangan demo memiliki beberapa perbedaan mencolok dengan perdagangan langsung, khususnya dalam aspek psikologi perdagangan.

Meskipun demikian, perdagangan demo adalah cara yang baik untuk melatih keterampilan perdagangan yang baru dipelajari tanpa risiko kehilangan uang nyata. Ini juga merupakan metode yang efektif untuk menempatkan strategi perdagangan baru untuk menguji dan memantau hasilnya sebelum melakukan penyesuaian. Sementara perdagangan demo tidak persis mereplikasi emosi dan stres yang terlibat dalam perdagangan langsung, ada beberapa cara untuk memanfaatkan pengalaman ini.

Perbedaan utama dalam perdagangan demo dan perdagangan langsung adalah bahwa yang terakhir biasanya memiliki lebih banyak rasa sakit ketika kehilangan perdagangan. Tidak hanya Anda memiliki ide perdagangan yang salah atau kurang diimplementasikan, tetapi Anda juga kehilangan uang nyata dalam prosesnya. Ketika datang ke perdagangan demo, meskipun tidak ada uang nyata yang terlibat, Anda dapat mencoba merasakan rasa sakit dengan datang dengan hukuman seumur hidup nyata ketika Anda kehilangan perdagangan. Misalnya, Anda dapat memiliki toples kecil tempat Anda menaruh dolar untuk setiap perdagangan yang hilang sehingga Anda diingatkan bahwa keputusan perdagangan memiliki aspek uang nyata yang terkait dengannya.

Cara lain untuk membuat pengalaman demo lebih seperti berdagang langsung adalah menetapkan nilai untuk setiap aspek dari perdagangan. Anda dapat mengevaluasi entri dan keluar Anda, apakah Anda dapat menekan keuntungan Anda atau memotong kerugian Anda, atau jika Anda tetap pada aturan manajemen risiko Anda. Pengurangan dapat berlaku jika Anda menyerah pada emosi dan menyimpang dari rencana Anda di tengah pergerakan pasar yang bergejolak. Dari sana, Anda bisa lebih sadar akan pengambilan keputusan Anda dan menerapkan penilaian diri yang sama saat Anda berdagang secara langsung.

Ingatlah bahwa godaan untuk menyerah pada rasa takut kehilangan atau keserakahan jauh lebih kuat ketika uang riil berada di garis sehingga penting untuk menguasai aspek psikologi perdagangan ini pada tingkat demo kemudian cukup ulangi prosesnya bahkan ketika uang nyata sedang diperdagangkan.

Sebagaimana dibahas di bagian sebelumnya, sangat penting untuk menjaga jurnal perdagangan bahkan saat Anda berdagang demo. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi kesalahan dan kelemahan Anda, kemudian dapat mengerjakannya sebelum bertransisi ke perdagangan langsung. Anda dapat mendaftarkan emosi Anda ketika Anda membuat keputusan perdagangan atau perubahan dalam rencana, kemudian berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengevaluasi jika Anda melakukan tindakan yang tepat atau jika Anda baru saja memiliki reaksi panik.

Ketika Anda dapat mengambil lompatan dan mulai berdagang secara langsung, ingatlah semua pelajaran yang Anda pelajari dalam perdagangan demo dan jangan terlalu kewalahan untuk mempertaruhkan uang nyata. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sangat penting dalam psikologi perdagangan untuk fokus pada proses dan bukan keuntungan karena Anda mempelajari tali.