RBA

    Reserve Bank of Australia didirikan tanggal 14 Januari 1960 sebagai bank sentral dan otoritas penerbit uang Australia, ketika Reserve Bank Act 1959 menghapus fungsi bank sentral dari Commonwealth Bank.

    Bank ini memegang tanggungjawab menyediakan jasa kepada Pemerintah Australia, di mana keuntungan Bank dikirim kembali, selain itu juga menyediakan jasa kepada bank sentral lain dan institusi pemerintah. Bank ini terdiri dari Payments System Board, yang mengatur kebijakan sistem pembayaran Bank, dan Reserve Bank Board, yang mengatur semua kebijakan keuangan dan perbankan Bank.

    Gold Trading

    Kedua Board (Dewan) terdiri dari anggota Bank, Departemen Keuangan, lembaga pemerintah Australia lainnya, dan pemimpin institusi lain yang merupakan bagian dari ekonomi negara. Struktur Reserve Bank Board masih tetap sejak 1951, dengan pengecualian perubahan jumlah anggota Dewan. Gubernur Reserve Bank of Australia ditunjuk oleh Menteri Keuangan dan memimpin Payment Systems dan Reserve Bank Board dan ketika ada ketidaksetujuan antara kedua Dewan, Gubernur akan mengambil alih.

    Dari pertengahan abad ke-19 hingga 1890-an, prospek pembentukan bank nasional terus tumbuh. Tahun 1911, Commonwealth Bank didirikan, tetapi tidak memiliki hak untuk mencetak uang, yang merupakan kekuasaan yang masih dipegang Menteri Keuangan. Sebuah pergerakan menggunakan kembali standar emas terjadi setelah Perang Dunia I, ketika John Garvan memimpin berbagai dewan untuk mengkontrak persediaan uang untuk melakukan hal itu, dan standar emas dikeluarkan dalam pound sterling Britania dan pound Australia tahun 1925.