Harga Emas Masih Dalam Kisaran, Tertahan Dibawah 1740

JAVAFX – Harga emas di pasar spot masih terus diperdagangkan dalam kisaran harga $ 1725- $ 1745. Posisi terendah pada Kamis lalu di bawah $ 1720 dan tertinggi di $ 1755 tetap menjadi area utama support dan resistance.

Ini terus menjadi minggu yang tidak menginspirasi untuk perdagangan emas di pasar spot; logam mulia terus diperdagangkan dalam parameter $ 1725- $ 1745, dalam kisaran rata-rata pergerakan 21 hari, yang saat ini berada di sekitar $ 1732, bertindak sebagai magnet bagi aksi harga. Harga emas naik 0,4% atau sekitar $ 8. Posisi terendah Kamis lalu di bawah $ 1720 dan tertinggi di $ 1755 tetap menjadi area utama support dan resistance.

Sentimen perdagangan masih imbal hasil obligasi AS jangka panjang yang telah mundur secara substansial dari posisi tertinggi minggu lalu, melemah sejak hari Rabu ini; di bawah 1,65%, lebih dari 10bps di bawah tertinggi minggu lalu. Penurunan dalam imbal hasil selama minggu ini telah mendukung emas, disisi lain kenaikan dolar telah menjadi penyeimbang untuk menjaga harga emas tetap datar. Indek Dolar AS pada hari Rabu mencapai tertinggi baru tahunan di atas 92,50, setelah memulai minggu di bawah 92,00.

Dalam perdagangan baru-baru ini, dolar AS telah bergerak sideways; dimana Indek tampaknya telah mengalami resistensi pada rata-rata pergerakan 200 hari, sementara kombinasi survei Zona Euro dan PMI Inggris yang sangat kuat pada bulan Maret dan laporan Pesanan Barang Tahan Lama AS bulan Februari yang lemah menawarkan beberapa dukungan untuk kenaikan EUR /USD dan GBP/USD. Dengan berpijak pada apa yang buruk bagi dolar AS, umumnya baik untuk emas, sehingga selama Indek Dolar AS terus berjuang saat mendekati 200DMA dan kurs terus berlanjut kepala lebih rendah, ini pasti bagus untuk emas.

Sejumlah peristiwa besar di akhir minggu ini perlu diperhatikan, karena mereka dapat menyuntikkan beberapa arah baru ke pasar obligasi dan emas; Presiden AS Joe Biden akan memberikan konferensi pers pertamanya sejak menjabat pada hari Kamis. Dia akan membahas berbagai topik, tetapi perhatian utama pasar adalah paket stimulus fiskal berikutnya.

Laporan selama beberapa minggu terakhir menunjukkan bahwa tagihan pengeluaran yang berfokus pada infrastruktur berikutnya dapat memiliki label harga antara $ 1,5- $ 4T. Sebagian besar komentator politik tampaknya mengharapkan sesuatu dalam perkiraan $ 3T.

Semakin banyak “investor besar” yang berpikir bahwa Fed akan segera meluncurkan kebijakan pengendalian kurva imbal hasil untuk menjaga suku bunga tetap terkendali di tengah semua penerbitan utang pemerintah AS yang akan datang; perkembangan seperti itu bisa menjadi sangat bullish untuk emas karena akan 1) lebih meningkatkan jumlah uang beredar dan merendahkan dolar, 2) mendorong pengetatan moneter lebih jauh ke masa depan dan 3) kemungkinan besar bersifat inflasi, mengingat kombinasi stimulus fiskal dan moneter.

Pemulihan emas terlihat pada imbal hasil US Treasury dengan pergerakan harga menuju $ 1.750. Sejauh ini harga emas goyah di sekitar $ 1.735, menahan pergerakan konsolidasi hari sebelumnya, karena para pedagang bersiap untuk sejumlah data di hari Kamis. Logam Mulia memantul dari $ 1.723,86 pada hari Rabu dan menghentikan penurunan beruntun dua hari.

Kenaikan harga emas setelah bertahan diatas 1725, akan menuju ke 1740. Jika 1740 ditembus kita akan melihat pergerakan emas akan menuju 1760 dan di atasnya.

Di sinilah pembeli historis berada sehingga dapat melihat potensi kenaikan lebih lanjut. Ingatlah bahwa pergerakan bullish adalah bagian dari retracement dalam tren turun dan kita masih bisa menghasilkan uang dengan memperdagangkan sesuai dengan pengaturannya.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Fix, Emas Makin Dekat Ke 1800

JAVAFX - Harga emas sangat antusias untuk mengejar kembali kenaikannya, dimana secara teknis akan menemui hambatan yang keras pula. Penguatan kembali imbal hasil Obligasi...

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

Emas Berjuang Menemukan Arah Perdagangan Pekan Ini

JAVAFX - Harga emas nampak berusaha menemukan arah perdagangan diawal minggu ini, pada Senin (12/04/2021). Kenaikan akan berlanjut jika harga emas mampu bertahan dan...

Harga Emas Dibawah Tekanan Jelang AS Rilis Data

JAVAFX - Pasar saham turun dari level tertingginya karena ketegangan meningkat menuju rilis angka inflasi AS, yang mungkin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data China...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502