Yen Masih Menguat Terbantu Kondisi Suriah

JAVAFX – Yen masih menguat terbantu kondisi Suriah yang masih tetap panas pada perdagangan pasar uang Asia Pasifik hingga jelang siang hari ini, di mana situasi ancaman dari Rusia masih terus membayangi investor untuk terus melakukan safe havennya.

Sejauh ini USDJPY untuk sementara berada di level 107,20 dimana yen bergerak menguat untuk sementara ini. Untuk AUDUSD untuk sementara berada di level 0,7772 dimana dolar Australia menguat sejenak. Untuk yuan, atau USDCNY untuk sementara bergerak di level 6,2822 dimana yuan sementara melemah terhadap dolar AS.

Akhir pekan lalu yen sempat melemah sejenak karena situasi ancaman agresi militer AS bersama dengan Inggris dan Perancis ke Suriah memang belum terlaksana. Namun begitu pasar keuangan dunia ditutup, barulah serangan militer tersebut terjadi. Kondisi ini tentu membuat investor pasar uang masih belum nyaman untuk memegang dolar AS untuk jangka yang lama.

Situasi di Suriah memang dinyatakan untuk sementara tenang-tenang saja, karena menurut Presiden Trump, bahwa AS tidak akan melakukan agresi militer lagi ke Suriah selama Presiden Bashar al-Assad tidak menggunakan senjata kimia lagi. Peneliti PBB sekarang tengah menginvestigasi apakah serangan pasukan Suriah di Douma pada awal bulan ini menggunakan senjata kimia atau tidak.

Bila tidak terbukti, maka Rusia bersama China dan Iran akan melakukan tekanan ke AS terkait serangan akhir pekan lalu sebagai bentuk serangan yang ilegal. Inilah letak di mana yen masih bertahan sebagai safe haven currencies.

Padahal kondisi ekonomi Jepang sedang kritis juga. Selain belum jelasnya kapan normalisasi kebijakan moneter Jepang, sisi politik Jepang juga masuk dalam kondisi kritis, sesaat setlah hasil jajak pendapat terhadap kepemimpinan PM Abe yang kredibilitasnya merosot tajam. Kondisi ini sebetulnya bisa mendatangkan pemilu yang dipercepat lagi, sehingga masa depan Abenomics juga makin dipertanyakan kelanjutannya.

Penulis: Adhi Gunadhi
Sumber Berita: Reuters, Bloomberg, Investing, Javafx, Forexfactory, Dailyfx
Sumber gambar: Reuters

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.