Administrasi Trump Akan Hadapi Kongres Jika Lalui Perdagangan Mini dengan Uni Eropa

JAVAFX – Ketua Komite Keuangan Senat AS Chuck Grassley pada hari Kamis (5/3) mengatakan bahwa Administrasi Trump akan menghadapi perlawanan dari Kongres AS jika mencoba mendorong melalui kesepakatan perdagangan mini dengan Uni Eropa yang tidak termasuk pertanian.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Grassley, seorang Republikan dari negara bagian pertanian Iowa, mengatakan ia melihat peluang untuk mendapatkan hasil dalam negosiasi dengan Uni Eropa di bawah kepemimpinan komisaris perdagangan barunya, Phil Hogan.

Dia mengatakan Washington akan bersedia untuk merundingkan solusi untuk perselisihan yang sudah berlangsung lama tentang subsidi pesawat setelah Organisasi Perdagangan Dunia aturan pada kasus Uni Eropa terhadap Boeing Co (N: BA) tahun ini, yang berarti tarif yang lebih tinggi pada Airbus (PA: AIR) pesawat dan bagian kemungkinan akan mulai berlaku pada 18 Maret seperti yang direncanakan.

Dia mengatakan para pejabat Uni Eropa “terlalu marah” tentang ancaman terhadap hubungan trans-Atlantik, yang katanya sekuat dulu.

Namun dia mengatakan Brussels harus mencari mandat dari negara-negara anggotanya untuk bernegosiasi dengan Washington mengenai pertanian, menyebutnya “lokomotif yang membawa serta manufaktur dan jasa.”

Setelah mencapai kesepakatan perdagangan dengan Cina, Meksiko, Kanada, dan Jepang, Presiden AS Donald Trump telah bersumpah untuk merestrukturisasi hubungan perdagangan AS lebih dari $1 triliun dengan UE, meningkatkan kemungkinan perang dagang lain ketika ekonomi global melambat dan ia berusaha untuk pemilihan kembali.

Para ahli mengatakan krisis corona dan dampak penurunan yang diperkirakan pada ekonomi global dapat mengerem ancaman tarif AS yang baru.

Para pejabat Eropa telah meningkatkan kemungkinan negosiasi “kesepakatan mini” dengan Amerika Serikat untuk membangun niat baik menuju negosiasi yang lebih komprehensif.

Grassley mengatakan bahwa akan menghadapi perlawanan di Kongres, yang sudah meradang pada gerakan berulang pemerintah Trump untuk menghindari otoritas konstitusional Kongres untuk membuat kebijakan perdagangan dengan memberlakukan tarif sepihak dan menegosiasikan perjanjian perdagangan terbatas yang tidak memerlukan persetujuan kongres, seperti yang dengan Jepang tahun lalu.

Amerika Serikat menjual beberapa produk pertanian ke Eropa, mulai dari anggur dan makanan olahan hingga kedelai, tetapi telah lama mencari akses yang lebih besar ke pasar Eropa.

Menyelesaikan perselisihan antara Eropa dan Washington mengenai pajak layanan digital dan subsidi pesawat akan membantu menggerakkan kedua belah pihak.

Grassley menambahkan dia tidak punya rencana untuk bertemu dengan Hogan, tetapi melihat “kemungkinan mendapatkan beberapa hasil sebagai akibat dari pendekatannya terhadap berbagai hal.”

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Minyak Turun Atas Kekhawatiran Gangguan Permintaan

JAVAFX - Harga minyak mencatat kerugian dalam kinerja sepekan ini, setelah beberapa hari perdagangan naik-turun. Ceritanya sama - perebutan antara ketatnya pasar dan kekhawatiran...

Tertekan Yield Obligasi AS,Emas Diperdagangkan Dalam Kisaran Harga $1730-60

JAVAFX - Mengawali perdagangan minggu ini, pada hari Senin (12/04/2021) harga emas berakhir turun di bursa perdagangan berjangka AS. Harga jatuh akibat kenaikan imbal...

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Harga Emas Dibawah Tekanan Jelang AS Rilis Data

JAVAFX - Pasar saham turun dari level tertingginya karena ketegangan meningkat menuju rilis angka inflasi AS, yang mungkin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data China...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502