Aktifitas Bisnis Zona Euro Tumbuh Pesat Pada April – PMI

Aktivitas bisnis zona euro meningkat pesat bulan lalu berkat industri jasa yang dominan di Kawasan itu mengabaikan penguncian baru dan kembali menuju pertumbuhan, menurut survei pada hari Rabu yang juga menunjukkan perusahaan-perusahaan menghadapi lonjakan biaya untuk bahan baku.

Eropa mengalami gelombang ketiga infeksi virus korona, sehingga memaksa pemerintah beberapa negara harus memperbarui langkah-langkah penguncian untuk memutus penyebarannya. Namun, sebagian besar pabrik tetap buka dan industri jasa telah beradaptasi.

Jadi Indeks Manajer Pembelian (PMI) komposit terakhir IHS Markit, yang dipandang sebagai indikator yang baik terhadap kondisi ekonomi, naik menjadi 53,8 bulan lalu dari 53,2 bulan Maret. Angka itu tipis dibandingkan laporan preliminer 53,7 dan cukup baik di atas angka 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

Perekonomian zona euro diperkirakan akan tumbuh 1,5% pada kuartal ini, hasil jajak pendapat Reuters menunjukkan pada bulan lalu.

“Data survei bulan April memberikan bukti yang menggembirakan bahwa zona euro akan menarik diri dari resesi double-dip pada kuartal kedua,” kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit.

“Ledakan manufaktur, yang dipicu oleh melonjaknya permintaan baik di pasar domestik dan ekspor karena banyak ekonomi yang keluar dari lockdown, disertai dengan tanda-tanda bahwa sektor jasa kini juga telah kembali tumbuh.”

PMI untuk industri jasa naik menjadi 50,5 dari 49,6, di atas perkiaan perkiraan 50,3. Data ini mengikuti laporan PMI manufaktur pada hari Senin yang menunjukkan aktivitas pabrik tumbuh dan melonjak ke rekor tertinggi pada bulan April.

Namun gangguan rantai pasokan yang disebabkan oleh pandemi menyebabkan meroketnya harga produsen. Indeks harga input gabungan melonjak menjadi 64,0 dari 61,9, tertinggi dalam 10 tahun.

“Sementara kebangkitan ekonomi membawa peningkatan tekanan inflasi, sejauh ini tampaknya sebagian besar terbatas hanya pada sektor manufaktur, dengan biaya sektor jasa – yang merupakan komponen utama dari langkah-langkah inflasi inti yang dipantau oleh ECB – hanya tersisa sedikit, Kata Williamson.

Meskipun program vaksin zona euro awalnya dilanda masalah, program itu mulai meningkat dan optimisme di antara perusahaan jasa juga meningkat. Indeks ekspektasi bisnis naik menjadi 68,4 dari 67,4, tertinggi dalam lebih dari satu dekade.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Usai Bertemu Putin, Biden Bersikap Realistis

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri pertemuan mereka di Jenewa. Biden menggambarkan pertemuan itu berlangsung “baik” dan “positif.”...

Biden Umumkan Pemerintahannya Telah Berikan 300 Juta Suntikan Vaksinasi

Presiden Joe Biden Jumat mengumumkan bahwa 300 juta vaksin COVID 19 telah diberikan sejak dia menjabat pada 20 Januari, demikian menurut Gedung

Putin puas dengan alasan Biden yang menyebutnya pembunuh

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (16/6) mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah meneleponnya untuk menjelaskan alasan memanggil dirinya "seorang pembunuh" pada...

Biden, Harris desak vaksinasi karena AS tampak meleset dari target

Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris pada Jumat (18/6) mendesak warga Amerika Serikat agar disuntik vaksin COVID-19, karena negara itu tampaknya akan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502