Aktifitas Manufaktur dan Jasa di Kawasan Eropa Menurun

0
111
Berita Ekonomi Eropa

JAVAFX – Berita ekonomi pada hari Senin(24/7/2017), telah mengindikasikan penurunan aktifitas manufaktur dan jasa di wilayah Eropa. Sedangkan di Jerman, yang merupakan negara dengan ekonomi terkuat di kawasan zona euro juga dilanda penurunan aktifitas manufaktur dan jasa.

Dalam sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Markit menyebutkan bahwa indeks manufaktur Jerman telah mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman pada level 58.3 di bulan Juli dari 59.6 di bulan Juni.

Survei ekonom memperkirakan bahwa indeks manufaktur Jerman akan mengalami penurunan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 59.2 di bulan Juli.

Sedangkan untuk indeks jasa di Jerman, telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara musiman menjadi 53.5 di bulan Juli dari 54.0 di bulan Juni.

Survei ekonom pada awalnya memperkirakan bahwa indeks jasa di wilayah Jerman akan mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 54.3 di bulan Juli.

Sementara itu, penurunan aktifitas manufaktur ternyata telah melanda di seluruh kawasan zona euro.

Dalam sebuah laporan resmi dari Markit menyebutkan indeks manufaktur zona euro telah turun yang disesuaikan secara musiman menjadi 56.8 di bulan Juli dari 57.4 di bulan Juni.

Di waktu yang bersamaan, Markit juga melaporkan indeks jasa zona euro tengah bergerak flat, yang disesuaikan secara musiman menjadi 55.4 di bulan Juli dari 55.4 di bulan Juni.

Meski secara keseluruhan laporan Markit hari ini mengindikasikan penurunan aktifitas manufaktur dan jasa di kawasan Eropa, namun pertumbuhan masih dikategorikan ekspansi.

Apabila indikator berada di atas level 50.0 maka mengindikasikan ekspansi, sebaliknya apabila berada di bawah level 50.0 maka mengindikasikan kontraksi.

 

Sumber berita : Trading Economics

Sumber gambar : leftfootforward (.org)