Aktivitas Manufaktur dan Jasa di Eropa Bangkit

0
94
Berita Ekonomi Eropa

JAVAFX – Berita ekonomi yang dirilis pada hari Jumat(22/9/2017), telah memperlihatkan pertumbuhan positif pada aktivitas manufaktur dan jasa di kawasan blok Eropa.

Tanda – tanda peningkatan pertumbuhan tersebut diawali oleh sebuah laporan resmi dari Markit yang menyebutkan indeks PMI Manufaktur Perancis telah mengalami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 56.0 di bulan September dari 55.8 di bulan Agustus. Sedangkan untuk pergerakan indeks PMI Jasa Perancis juga mengalami peningkatan yang disesuaikan secara musiman menjadi 57.1 di bulan September dari 54.9 di bulan Agustus.

Selang 30 menit kemudian, laporan lain yang juga dirilis oleh Markit menyebutkan bahwa indeks PMI Manufaktur Jerman telah mengalami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 60.6 di bulan September dari 59.3 di bulan Agustus. Di waktu yang bersamaan, Markit juga melaporkan bahwa indeks PMI Jasa Jerman mengalami peningkatan yang disesuaikan secara musiman menjadi 55.6 di bulan September dari 53.5 di bulan Agustus.

Sementara itu, melengkapi laporan aktivitas manufaktur dan jasa tersebut, Markit menyatakan bahwa indeks PMI Manufaktur di zona euro telah naik, yang disesuaikan secara musiman menjadi 58.2 di bulan September dari 57.4 di bulan Agustus. Di sisi lain, indeks PMI Jasa di kawasan zona euro telah mengalami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 55.6 di bulan September dari 54.7 di bulan Agustus.

Mereaksi laporan tersebut, pergerakan EURUSD sewaktu berita ini dibuat terpantau naik 0.44% dengan diperdagangkan pada level 1.1995 dengan menyentuh level terendah di 1.1938 dan level tertinggi di 1.1999.

 

Sumber berita : Forex Factory

Sumber gambar : squarespace (.com)