AS Siap Perang Dagang Dengan Prancis

JAVAFX – Pemerintah Trump berencana mengenakan tariff sebesar 100% atas barang-barang asal Prancis senilai $ 2,4 miliar. Ini akan menjadi babak baru perang dagang yang dilancarkan oleh Donald Trump.

Gold Trading

Sebagaimana disampaikan dalam situs Perwakilan Dagang AS (USTR) pada Senin (02/12/2019), bahwa paska penyelidikan yang dilakukan mereka menyimpulkan bahwa Pajak Layanan Digital Prancis (DST) mendiskriminasi perusahaan-perusahaan AS, tidak konsisten dengan prinsip-prinsip kebijakan perpajakan internasional yang berlaku, dan sangat memberatkan bagi perusahaan AS yang terkena dampak. Hal ini bertentangan dengan Undang-Undang Perdagangan AS tahun 1974 pasal  301.

Secara khusus, investigasi USTR menemukan bahwa DST Prancis mendiskriminasi perusahaan digital A.S., seperti Google, Apple, Facebook, dan Amazon. Selain itu, DST Prancis tidak konsisten dengan prinsip-prinsip pajak yang berlaku karena retroaktifnya, penerapannya pada pendapatan, bukan pendapatan, aplikasi ekstrateritorialnya, dan tujuannya menghukum perusahaan teknologi A.S. tertentu. Laporan yang tersedia di situs web USTR menguraikan temuan penyelidikan.

“Keputusan USTR hari ini mengirimkan sinyal yang jelas bahwa Amerika Serikat akan mengambil tindakan terhadap rezim pajak digital yang mendiskriminasi atau memaksakan beban yang tidak semestinya pada perusahaan AS,” kata Kepala USTR Robert Lighthizer.

“Memang, USTR sedang mengeksplorasi apakah akan membuka penyelidikan Bagian 301 ke dalam pajak layanan digital Austria, Italia, dan Turki. USTR berfokus pada melawan proteksionisme yang berkembang di negara-negara anggota UE, yang secara tidak adil menargetkan perusahaan A.S., baik melalui pajak layanan digital atau upaya lain yang menargetkan perusahaan layanan digital A.S. ”

USTR mengeluarkan pemberitahuan Registrasi Federal yang menjelaskan bahwa, untuk alasan yang tercantum dalam laporan, DST Prancis tidak masuk akal, diskriminatif, dan membebani perdagangan A.S. Pemberitahuan itu meminta komentar dari publik tentang tindakan yang diusulkan USTR, yang mencakup bea tambahan hingga 100 persen pada produk Prancis tertentu. Pemberitahuan juga mencari komentar tentang opsi mengenakan biaya atau pembatasan pada layanan Prancis. Daftar produk Prancis yang dikenai bea masuk mencakup 63 subpos tarif dengan perkiraan nilai perdagangan $ 2,4 miliar. Nilai tindakan AS apa pun melalui tugas atau biaya dapat mempertimbangkan tingkat kerusakan ekonomi AS yang dihasilkan dari DST. (WK)