Asa Minyak Mentah Di Tengah Proyeksi Pemulihan Ekonomi

Minyak menguat pada perdagangan Selasa pagi di Asia. Bahkan, minyak mentah merangsek naik mendekati level tertinggi dua tahun terakhir. Kenaikan ini tak lepas dari kelanjutan ekonomi utama seperti AS dan Eropa yang berangsur pulih dari COVID-19.

Optimisme pasar atas pemulihan di wilayah ekonomi besar dunia mengimbangi bahkan meredam kekhawatiran lesunya permintaan akan bahan bakar kenderaan di Kawasan Asia, imbas lonjakan Covid 19 di beberapa negara di Kawasan tersebut.

Sepanjang 2021 ini, emas hitam itu berhasil mencatat kenaikan luar biasa, 35% atas prospek semakin membaiknya permintaan bahan bakar menyusul peluncuran vaksin COVID-19. Sehingga, meningkatnya keyakinan dan optimisme pasar dan dunia terhadap pemulihan ekonomi di negara-negara ekonomi utama dan meningkatkan mobilitas.

Bandara AS mencatat sebanyak 1,85 juta penumpang yang melakukan perjalanan hanya pada hari Minggu. Ini merupakan jumlah tertinggi sejak awal COVID-19 pada awal Maret 2020, menurut data Administrasi Keamanan Transportasi. Ini menjadi bukti kebangkitan perjalanan domestik yang akan meningkatkan permintaan bahan bakar.

Sementara dari benua biru, Eropa, Inggris kembali membuka bisnis dengan langkah selanjutnya akan mengurangi penguncian COVID-19 selama empat bulan. Prancis dan Spanyol telah melonggarkan pembatasan, sementara Portugal dan Belanda telah membuka perjalanan.

Meski demikian, para pelaku pasar masih khawatir terhadap wabah baru COVID-19 di beberapa bagian Asia, termasuk Taiwan dan Singapura.

India, importir minyak terbesar ketiga di dunia, mencatat jumlah kasus COVID-19 mendekati angka 25 juta pada 18 Mei, menurut data Universitas Johns Hopkins. Data awal menunjukkan bahwa penjualan bensin dan solar domestic India oleh penyuling negara bagian turun 20% pada paruh pertama Mei dari bulan sebelumnya.

Minyak mentah berjangka Brent sejauh ini naik 0,29% menjadi $69,66. Sementara untuk minyak WTI berjangka naik 0,30% menjadi $66,48.

Pasar saat ini tengah menanti data persediaan minyak mentah AS AS yang akan dirilis oleh American Petroleum Institute, hari ini.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Akan Sahkan Penetapan Hari Libur Nasional Juneteenth

Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis (17/6) dijadwalkan menandatangani undang-undang yang menetapkan hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di AS. Hari Kebebasan...

Presiden: Johnson & Johnson akan kirim 2 juta dosis vaksin ke Afsel

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa pada Selasa (15/6) mengatakan bahwa produsen Johnson & Johnson akan mengirim dua juta dosis vaksin COVID-19 ke negara itu...

Biden Tiba di Brussels untuk KTT NATO, Uni Eropa

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Minggu (14/6) tiba di Brussels untuk pertemuan yang berlangsung dua hari dengan para pemimpin dari aliansi militer...

Biden dan Erdogan Gelar Pembicaraan Produktif

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggambarkan pembicaraan temu muka mereka yang pertama sebagai kepala negara sebagai “produktif."...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502