Bahas Hubungan AS-Rusia, Direktur CIA Lakukan Kunjungan Langka Ke Moskow

Direktur CIA William Burns melakukan kunjungan yang jarang sekali terjadi ke Moskow guna membahas hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia.

Kunjungan tersebut merupakan babak baru dari serangkaian kontak tingkat tinggi yang terjadi antara kedua negara yang juga menunjukkan bahwa kedua pihak ingin meneruskan pembicaraan meskipun terdapat sikap saling tidak percaya dan terlibat dalam pertikaian yang sudah berlangsung lama.

Juru bicara Kedutaan Besar AS mengatakan Burns memimpin delegasi yang terdiri dari pejabat senior AS ke Moskow pada Selasa (2/11) dan Rabu (3/11) untuk memenuhi permintaan dari Presiden Biden.

“Mereka bertemu dengan anggota pemerintahan Rusia guna membahas sejumlah isu dalam hubungan bilateral,” kata juru bicara tersebut.

Dewan Keamanan Rusia mengatakan, Burns, yang fasih berbahasa Rusia dan juga mantan duta besar AS untuk Moskow, mengadakan pembicaraan dengan Nikolai Patrushev, sekretaris Dewan dan mantan pemimpin layanan intelijen Rusia FSB.

Kedua belah pihak tidak memberi rincian mengenai pembicaraan yang terjadi, tetapi isu keamanan membayang-bayangi hubungan kedua negara yang renggang ini.

Hubungan AS dan Rusia mencapai titik terendah pasca Perang Dingin di mana keduanya berselisih mengenai berbagai macam isu, termasuk serangan dunia maya Rusia yang menarget AS, dukungan Moskow untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad, pemenjaraan politisi oposisi Alexey Navalny, dan perilaku Rusia terhadap Ukraina, di mana Rusia telah merampas wilayah Semenanjung Krimea milik Ukraina pada 2014.

Biden bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di sebuah konferensi di Jenewa pada Juni lalu, dan ketika itu mengatakan, perlu enam bulan sampai setahun untuk tahu apakah kedua negara dapat membina dialog strategik yang bermakna.

Putin sering mengecam AS, tetapi pada bulan lalu ia mengatakan bahwa pihaknya telah membina sebuah hubungan konstruktif dengan Presiden Biden.

Kremlin mengatakan sebuah pertemuan lanjutan antara kedua pemimpin itu pada tahun ini kemungkinan dapat terlaksana.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.