Bank Dunia Pangkas Proyeksi PDB Asia Timur 2022 Terkait Perang Ukraina

Bank Dunia memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk negara Asia Timur dan Pasifik untuk 2022 untuk mencerminkan dampak ekonomi dari invasi Rusia ke Ukraina, memperingatkan kawasan itu bisa kehilangan momentum lebih lanjut jika kondisinya memburuk.

Bank pemberi pinjaman yang berbasis di Washington mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Selasa bahwa pihaknya memperkirakan pertumbuhan 2022 di kawasan berkembang Asia Timur dan Pasifik (EAP), yang mencakup China, akan meningkat 5,0% persen, lebih rendah dari perkiraan 5,4% pada Oktober. Tetapi pertumbuhan bisa melambat menjadi 4,0% jika kondisi memburuk dan respons kebijakan pemerintah lebih lemah, kata Bank Dunia.

Ekonomi China diperkirakan tumbuh 5,0% tahun ini, turun dari perkiraan sebelumnya 5,4%, katanya, mencatat kapasitas pemerintahnya untuk memberikan stimulus untuk mengimbangi guncangan yang merugikan. “Kawasan ini menghadapi tiga serangkai guncangan yang mengancam untuk melemahkan momentum pertumbuhannya,” kata Kepala Ekonom Bank Dunia Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo.

Perang antara Rusia dan Ukraina, yang menurut Mattoo adalah “risiko paling serius” bagi prospek pertumbuhan kawasan, menyebabkan kenaikan harga pangan dan bahan bakar, gejolak keuangan, dan berkurangnya kepercayaan di seluruh dunia. Mattoo mengatakan invasi Rusia ke Ukraina lebih mengkhawatirkan mengingat kawasan itu masih menghadapi dampak pandemi COVID-19, perlambatan struktural di China, dan inflasi yang lebih cepat yang dapat mendorong pengetatan moneter AS yang lebih cepat.

Dampak perang terhadap ekonomi di Asia Timur dan Pasifik akan bervariasi tergantung pada eksposur dan ketahanan mereka, kata Mattoo. Tidak termasuk China, produksi di wilayah lain diproyeksikan meningkat 4,8% tahun ini.

“Sama seperti ekonomi Asia Timur dan Pasifik yang pulih dari guncangan akibat pandemi, perang di Ukraina membebani momentum pertumbuhan,” kata Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Manuela Ferro  dalam sebuah pernyataan. penyataan.

“Fundamental kawasan yang sebagian besar kuat dan kebijakan yang sehat akan membantunya mengatasi badai ini.”

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.