BEI catat emisi obligasi capai Rp42,17 triliun

Jakarta (ANTARA News) – Bursa Efek Indonesia mencatat total emisi surat utang (obligasi) dan sukuk sejak awal tahun hingga awal Juni 2017 mencapai Rp42,17 triliun.

“Jumlah itu bertambah seiring dengan pencatatan obligasi dan sukuk ijarah PT Indosat,” kata Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 2 BEI Imron Hamzah dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Ia mengemukakan bahwa PT Indosat mencatatkan obligasi berkelanjutan II tahap I tahun 2017 dengan nilai nominal sebesar Rp2,7 triliun, dan sukuk ijarah berkelanjutan II tahap I tahun 2017 dengan nilai nominal sebesar Rp300 miliar.

Ia memaparkan bahwa hasil pemeringkatan untuk obligasi dan sukuk ijarah itu dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) masing-masing adalah “idAAA” (triple A) dan “idAAAsy” (triple A syariah).

Sedangkan hasil pemeringkatan untuk obligasi dan sukuk ijarah dari PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) masing-masing adalah “AAA(idn)” (triple A) dan “AAA(idn)” (triple A syariah). Sementara itu bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi itu adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Dengan pencatatan obligasi dan sukuk PT Indosat Tbk itu, lanjut dia, maka emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun 2017 di BEI adalah sebanyak 25 emisi dari 23 emiten senilai Rp42,17 triliun.

Dengan demikian, ia mengatakan bahwa maka total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 325 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp329,89 triliun dan 67,5 juta dolar AS, diterbitkan oleh 109 emiten.

Sementara itu, surat berharga negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 95 seri dengan nilai nominal Rp1.931,53 triliun dan 200 juta dolar AS. Selain itu terdapat Efek Beragun Aset (EBA) sebanyak delapan emisi senilai Rp3,55 triliun.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017




Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.