BOE Siap Lakukan Stimulus

JAVAFX – Gubernur Bank of England (BOE) Mark Carney yang menjabat pada periode Juli 2013 – Juni 2021 kedepannya akan berbicara kepada publik mengenai kebijakan moneter yang akan diambil oleh Bank Sentral Inggris sebagai langkah untuk mendukung ekonomi di negara tersebut ditengah kekhawatiran epidemi Covid-19 yang kian meluas hingga ke seluruh dunia.

Sebagai kepala Komite Kebijakan Moneter (MPC), BOE yang mengendalikan suku bunga jangka pendek, Carney memiliki pengaruh lebih besar terhadap nilai poundsterling daripada mata uang utama lain mana pun. BOE berencana akan mengambil langkah dalam memutuskan seberapa besar pemotongan suku bunga yang akan dilakukan guna mendukung ekonomi Inggris dari dampak penyebaran virus corona yang terus meluas.

Lebih dari 3.000 orang telah terbunuh oleh virus corona, sekitar 3,4% dari mereka yang terinfeksi jauh di atas tingkat kematian akibat flu musiman di bawah 1%. Virus itu terus menyebar dengan cepat di luar pusat wabah di Cina, dengan Italia semalam melaporkan lompatan kematian menjadi total 79.

Pedagang meneliti keterlibatan publiknya sebagai petunjuk tentang kebijakan moneter masa depan dan komentarnya pun dapat memicu tren positif atau negatif jangka pendek.

Guna menyelamatkan ekonomi Inggris BOE akan melakukan pemangkasan suku bunga, tetapi harus melihat dari beberapa sisi lainya. Seperti bank sentral lainnya yang telah melakukan kebijakan moneter terlebih dahulu seperti Federal Reserve, Bank of Canada dan Bank Sentral Eropa (ECB).

The Fed menegaskan kembali akan memantau perkembangan dan implikasinya untuk prospek ekonomi dan akan menggunakan alat-alatnya dan bertindak sesuai untuk mendukung ekonomi.

Federal Reserve menurunkan kisaran target untuk dana federal atau suku bunga acuan sebesar 50bps menjadi 1.00-1.25% dalam langkah darurat yang diambil pada Selasa 3 Maret. Fed mengatakan virus corona menimbulkan resiko yang berevolusi terhadap kegiatan ekonomi.

Ini adalah pemangkasan suku bunga tingkat darurat pertama sejak krisis keuangan pada 2008 yang lalu meskipun pasar sudah menetapkan potongan 50bps atau 75bps dalam pertemuan FOMC 18 Maret nanti. Langkah ini mengikuti pengumuman negara G7 yang dibuat sebelumnya pada hari dimana pembuat kebijakan menegaskan kembali komitmen mereka untuk mencapai pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan, meskipun gagal memberikan tindakan spesifik.

Kelompok negara yang tergabung dalam G7 saat ini sedang menyusun pernyataan tentang bagaimana mereka berencana untuk melunakkan pukulan ekonomi global sebagai dampak dari virus corona dan mengoordinasikan penurunan suku bunga bank sentral.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Peringatkan Putin Terkait Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui pembicaraan telepon, Selasa (12/4), bahwa AS prihatin dengan “penumpukan militer secara...

Fauci yakin vaksin Johnson & Johnson akan kembali ke jalurnya segera

Dokter penyakit menular kenamaan Amerika Serikat, Anthony Fauci, berharap regulator AS akan segera membuat keputusan untuk mencabut penundaan vaksin Johnson & Johnson dan vaksin...

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Emas Semakin Memikat Atas Lemahnya Obligasi dan Dolar AS

Emas stabil di dekat level tertinggi sejak akhir Februari pada perdagangan sesi Jumat ini, dan tengah menuju kenaikan mingguan keduanya berturut-turut. Kenaikan emas didorong oleh penurunan imbal hasil obligasi AS dan melemahnya dolar.

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502