Bursa Asia Beragam Pada Rabu Sore

JAVAFX – Bursa saham Asia bervariasi pada perdagangan Rabu sore menjelang data AS yang menentukan kebijakan suku bunga The Fed yang akan dirilis malam nanti.

Indeks Shanghai naik 0,12%, Indeks Hang Seng naik sekitar 0,3%, Indeks S&P/ASX 200 naik 0,5%, Indeks Kospi naik 0,49%, sementara itu Indeks Nikkei 225 berbalik melemah 0,15%.

Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,37%.

Para pelaku pasar saat ini masih melihat sinyal dari data AS yang akan dirilis pada hari Rabu ini, dimana menunggu keputusan suku bunga akhir The Fed untuk tahun ini, dengan harapan bahwa bank sentral masih mempertahankan suku bunga acuan.

“Kami mengharapkan (Komite Pasar Terbuka Federal) untuk membiarkan tingkat dana tidak berubah,” Joseph Capurso, ahli strategi mata uang senior di Commonwealth Bank of Australia.

FOMC yakin bahwa pengaturan kebijakan saat ini berada pada tingkat yang tepat untuk mengangkat inflasi AS kembali ke target yang sebelumnya. Kami ragu ada penilaian ulang material atas pandangan ini sejak pertemuan Oktober,” kata Capurso.

Sementara itu, perkembangan pada perang tarif perdagangan antara Amerika Serikat – Cina masih akan diawasi, ketika tarif lebih banyak pada ekspor Cina ke AS akan dimulai. Itu terjadi karena pasar telah mengharapkan kesepakatan perdagangan “tahap satu” akan dicapai antara Washington dan Beijing.

Wall Street Journal melaporkan pada hari Selasa bahwa AS berencana untuk menunda untuk memberikan tarif tambahan pada China karena kedua belah pihak mencoba untuk menyelesaikan perjanjian tersebut.

Para negosiator A.S. juga telah meminta para pejabat Tiongkok untuk berkomitmen pada beberapa pembelian pertanian di muka sebelum bergerak maju dengan suatu kesepakatan. Sementara itu, China ingin pembelian pertaniannya proporsional dengan jumlah tarif yang dikembalikan AS. AS juga dilaporkan mendorong peninjauan kembali triwulanan atas pembelian yang dijanjikan.

Saham-saham di Wall Street juga merosot semalam, dengan Dow Jones Industrial Average ditutup 27,88 poin lebih rendah pada 27.881,72, S&P 500 turun 0,1% berakhir di 3.132,52 sedangkan Nasdaq Composite turun 0,1% pada level 8.616,18.

Sementara itu pada perdagangan valuta asing, Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, berakhir dilevel 97,511.

Yen Jepang diperdagangkan sedikit menguat pada level 108,71 per dolar setelah melemah dari level di bawah 108,6 kemarin. Dolar Australia berada $0,6811 setelah menyentuh level sekitar $0,683 di sesi sebelumnya.

Pada pasar bursa komoditi, Harga minyak turun pada pagi hari di perdagangan Asia karena patokan internasional berjangka minyak mentah Brent tergelincir 0,62% menjadi $63,94 per barel. Minyak mentah berjangka AS juga turun 0,52% menjadi $58,93 per barel.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

FDA: Satu Suntikan Vaksin Johnson & Johnson Cukup Melawan COVID-19

Pemerintah Amerika menetapkan bahwa satu suntikan vaksin Covid-19 buatan Johnson & Johnson aman dan memberikan perlindungan parsial terhadap penyakit itu. Dalam analisa yang dirilis hari...

Dolar Terbenam Dekat Terendah Enam Minggu Jelang Fed Powell

Dolar masih dalam penurunan mendekati level terendah enam minggu pada hari Selasa sementara mata uang komoditas bergerak di sekitar tertinggi multi-tahun, karena fokus investor...

Biden akan minta pertanggungjawaban Saudi atas pelanggaran HAM

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan bahwa dia akan meminta pertanggungjawaban Arab Saudi atas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Hal tersebut diungkapkan Biden saat...

Biden: AS, Kanada bakal capai emisi nol pada 2050

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada Selasa bahwa dia dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau setuju untuk bekerja menuju pencapaian emisi nol bersih...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502