Bursa Eropa Dibuka Beragam; Kasus Covid India Menjadi Fokus

Pasar saham Eropa dibuka bervariasi pada hari Rabu setelah mencatat performa harian terburuk sepanjang tahun ini pada hari Selasa, di tengah harapan bahwa musim pendapatan perusahaan yang positif akan menenangkan kekhawatiran tentang gelombang Covid-19 di India.

Indeks berjangka DAX Jerman diperdagangkan naik 0,2%, indeks berjangka FTSE 100 Inggris naik 0,2%, sementara indeks berjangka CAC 40 Prancis turun 0,1%.

Akzo Nobel akan menjadi fokus setelah perusahaan cat Belanda itu melaporkan peningkatan laba kuartal pertama sebesar 90%, sementara mengumumkan program pembelian kembali saham senilai $1,2 miliar. ASML, produsen peralatan pembuat chip Belanda, menaikkan panduan 2021 setelah laba bersih kuartal pertama melonjak. Sementara produsen obat Swiss Roche mengkonfirmasi panduannya untuk tahun ini meskipun penjualannya turun sedikit pada kuartal pertama.

Selain itu, optimisme baru-baru ini tentang peningkatan laju vaksinasi di Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa bergeser ke kekhawatiran infeksi virus korona di India yang mencapai rekor dan penguatan pembatasan perjalanan akan bertindak sebagai rem ekonomi global.

India, negara terpadat kedua di dunia, melaporkan kematian harian terburuknya akibat COVID-19 pada hari Selasa dari jumlah kasus harian baru tertinggi di dunia. Hal ini telah menyebabkan pemberlakuan penguncian enam hari di sebagian besar India, serta banyak negara yang memasukkan India dalam daftar perjalanan terlarang mereka.

Harga minyak melemah, mengembalikan beberapa kenaikan kuat tahun ini karena kekhawatiran atas peningkatan jumlah kasus Covid-19 di India, importir minyak mentah terbesar ketiga di dunia, dan lonjakan pasokan minyak mentah AS yang mengejutkan memperbaharui kekhawatiran permintaan bahan bakar.

Stok minyak mentah AS naik 436.000 minggu lalu, menurut data dari badan industri American Petroleum Institute, dibandingkan dengan ekspektasi sekitar 3 juta barel. Administrasi Informasi Energi AS akan merilis data inventaris untuk pekan lalu pada Rabu.

Minyak mentah berjangka AS diperdagangkan turun 0,6% pada $62,27 per barel, sedangkan kontrak Brent turun 0,6% menjadi $66,19. Kedua kontrak tersebut hanya kurang dari 30% pada tahun 2021.

Di tempat lain, emas berjangka naik 0,4% menjadi $1,786.25 / oz, sementara EUR/USD diperdagangkan datar di 1,2031.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.