Bursa Eropa Menguat, Sektor Otomotif Bawa DAX Jerman Capai Rekor

Produsen mobil mengangkat indeks DAX Jerman ke rekor tertinggi pada hari Kamis, sementara indeks saham Eropa yang lebih luas menuju level tertinggi sepanjang masa. Sikap Federal Reserve AS yang berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah meski memperkirakan lonjakan pertumbuhan ekonomi menjadi penggerak lainnya.

Indeks 50 saham perusahaan teratas zona euro naik 0,4%, secara singkat melampaui puncaknya pada Februari tahun lalu sebelum pandemi COVID-19 menghantam pasar keuangan.

Indeks Blue-chip DAX Jerman naik 0,9%, CAC 40 Prancis naik 0,2%, sementara FTSE 100 Inggris tergelincir menjelang keputusan kebijakan moneter Bank of England yang dijadwalkan hari ini.

BOE diperkirakan tidak akan mengubah program stimulus penanggulangan krisisnya yang besar meskipun ada optimisme tentang pemulihan ekonomi.

Indeks Pan-European STOXX 600 naik 0,3%, tetapi turun dari level tertinggi sebelumnya karena kerugian pada saham utilitas, kimia dan makanan & minuman.

Dengan imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik setelah keputusan Fed, sektor-sektor yang sensitif secara ekonomi seperti produsen mobil, bank, dan penambang memimpin kenaikan di Eropa.

Kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah baru-baru ini telah memicu kekhawatiran tentang kenaikan inflasi karena stimulus triliunan dolar membantu ekonomi global keluar dari guncangan pandemi.

Namun, saham Eropa mendapat keuntungan karena kenaikan imbal hasil memicu rotasi ke beberapa sektor bernilai murah seperti bank dan energi di tengah harapan rebound ekonomi yang kuat.

Saham Volkswagen melonjak 3,4%, menyegel posisinya sebagai perusahaan paling berharga di DAX Jerman setelah mengambil alih pembuat perangkat lunak SAP pada hari Rabu.

Saham VW telah mengumpulkan keuntungan 28% sejauh minggu ini dan berada di jalur untuk mencatat keuntungan mingguan terbesar setelah meningkatkan peralihannya ke kendaraan listrik sepenuhnya.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Paling Lambat 11 September

Presiden AS Joe Biden telah memutuskan akan menarik pasukan Amerika dari Afghanistan paling lambat 11 September 2021, 20 tahun setelah serangan al-Qaida memicu perang...

Biden siap umumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan

Pengumuman yang direncanakan Presiden Joe Biden pada Rabu tentang penarikan lengkap pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan pada 11 September bertujuan untuk menutup buku...

Retail Sales AS Di Prediksi Naik, Dolar indeks Di Prediksi Koreksi Naik

Retail Sales AS di prediksi akan naik dari -3% ke 5.8% dan data Core Retail Sales di prediksi akan naik dari -2.7% ke 5.1%....

Biden Peringatkan Putin Terkait Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui pembicaraan telepon, Selasa (12/4), bahwa AS prihatin dengan “penumpukan militer secara...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502