China: China, AS akan Bentuk Kelompok Kerja Iklim

Setelah perundingan intensif dua hari dengan mitranya dari China, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan terlepas dari perbedaan, ada hal-hal di mana kepentingan kedua negara bersinggungan.

Pada Sabtu (20/3), China juga mengakuinya, menandai adanya kemajuan dalam hubungan kedua negara itu.

Dari Alaska, kantor berita resmi China Xinhua mengatakan China dan AS akan membentuk kelompok kerja mengenai perubahan iklim.

Xinhua tidak merincikan tentang kelompok kerja iklim itu, tapi mengatakan AS dan China membahas perubahan kebijakan perjalanan dan visa terkait COVID-19 dan vaksinasi masing-masing diplomat.

Kantor berita itu melaporkan kedua pihak juga sepakat untuk membahas “misi diplomatik dan konsuler” dan visa jurnalis.

Pada Juli lalu, Menteri Luar Negeri AS ketika itu — Mike Pompeo — memerintahkan Konsulat China di Houston ditutup, karena masalah terkait hak atas kekayaan intelektual AS.

China sangat keberatan dan kemudian menutup konsulat AS di Chengdu.

Perselisihan mengenai jurnalis dimulai Februari lalu.

Kemudian kedua negara mengusir beberapa jurnalis masing-masing dan mengurangi masa berlakunya visa mereka menjadi tiga bulan, meskipun bisa diperbarui.

Seorang pejabat senior AS, yang berbicara dengan syarat identitasnya dirahasiakan pada Sabtu (20/3), mengatakan meskipun tidak ada perjanjian formal mengenai adanya perundingan baru, ada area “dalam hubungan diplomatik dimana kami mungkin bisa mengeksplorasi” kepentingan bersama.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden beri salam Ramadhan, desak penghentian kebencian terhadap Muslim

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak penghentian tindakan yang didasari motif kebencian, yang masih kerap dialami oleh para umat Muslim di AS dan...

Houthi Rudal Kilang Arab Saudi, Harga Minyak Naik

JAVAFX - Harga minyak naik tipis pada perdagangan hari Selasa (13/04/2021) pagi di sesi Asia di tengah ketegangan di Timur Tengah setelah kelompok Houthi...

Biden berencana ungkap tindakan eksekutif terkait pengaturan senjata

Presiden Amerika Serikat Joe Biden diperkirakan pada Kamis mulai membeberkan tindakan eksekutif soal senjata setelah serangkaian penembakan massal di awal masa jabatannya di Gedung...

Biden akan Ganti Subsidi BBM dengan Insentif Energi Bersih

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen, Rabu (7/4), merilis perincian proposal kenaikan pajak yang akan mengganti subsidi untuk perusahaan bahan bakar fosil dengan insentif...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502