China desak AS jelaskan kecelakaan kapal selam nuklir di LCS

China mendesak Amerika Serikat menjelaskan insiden kecelakaan yang melibatkan kapal selam nuklir USS Connecticut di Laut China Selatan.

“Pihak China berulang kali menyatakan keprihatinannya atas peristiwa tersebut dan meminta klarifikasi dari pihak AS,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing, Selasa.

Namun sampai saat ini, pihaknya tidak menerima penjelasan kecuali informasi yang dia terima bahwa insiden itu memang terjadi di Laut China Selatan.

Ia mendesak AS menunjukkan rasa tanggung jawabnya dengan memberikan penjelasan secara detil atas peristiwa tersebut sesegera mungkin agar komunitas internasional dan negara-negara di kawasan puas.

“Apa yang dilakukan USS Connecticut secara diam-diam di Laut China Selatan? Bertabrakan dengan apa? Mengapa tabrakan itu terjadi? Apakah ada kebocoran nuklir yang menimbulkan pencemaran nuklir di sekitarnya?” kata Zhao menanggapi kembalinya USS Connecticut ke pangkalan Angkatan Laut AS di Guam itu.

Kapal selam tipe serang USS Connecticut menabrak objek tak dikenal di perairan Laut China Selatan pada 2 Oktober.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, kecuali beberapa awaknya yang mengalami luka ringan.

Setelah peristiwa itu, kapal selam tersebut kembali ke pangkalannya di Guam.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.