China Panik, Harga Minyak Makin Meroket

JAVAFX – Sekarang krisis energi global telah menghantam ekonomi China, yang mengarah ke gangguan PMI sehingga menimbulkan kontraksi yang pertama kali terjadi sejak Maret 2020 sebagai akibat dari penutupan pabrik dan manufaktur yang meluas, belum lagi ratusan juta penduduk China menderita pemadaman berkala, Bloomberg melaporkan bahwa pusat China pejabat pemerintah “memerintahkan perusahaan energi milik negara untuk mengamankan pasokan untuk musim dingin ini dengan segala cara.”

Secara tidak langsung, Beijing tidak lagi mau mengambil risiko kemarahan sosial dan ke depan China akan mensubsidi batu bara dan gas nat, yang akan menyebabkan harga yang lebih tinggi, yang akan menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk komoditas “pengganti” lainnya seperti minyak, yang mengapa minyak melonjak di berita.

Berita tersebut mengikuti laporan pada hari Rabu bahwa China akan mengizinkan kenaikan harga batu bara untuk diteruskan ke pabrik dalam harga listrik. Tapi bersiaplah untuk lonjakan PPI, yang kemungkinan besar tidak akan diteruskan ke CPI karena ‘kemakmuran bersama’. Yang secara logis berarti keruntuhan margin, dan penutupan – jadi semakin banyak kekurangan struktural. Kecuali kita mendapatkan semacam subsidi negara, atau harga diferensial untuk pasar luar negeri dan domestik. Dulu ada nama untuk ekonomi semacam itu. Wall Street sebelumnya berpura-pura tidak menyukainya.

Menurut Bloomberg, pesanan datang langsung dari Wakil Perdana Menteri Han Zheng, yang mengawasi sektor energi dan produksi industri negara, dan disampaikan selama pertemuan darurat awal pekan ini dengan pejabat dari regulator aset milik negara dan badan perencanaan ekonomi Beijing. Intinya, menurut sumber Bloomberg, adalah bahwa “pemadaman tidak akan ditoleransi.”

Yang berarti bahwa kemacetan rantai pasokan akan menjadi lebih buruk karena China akan semakin agresif untuk pasokan batubara dan LNG yang sedikit. Tidak jelas apakah itu juga berarti bahwa Beijing akan menyerah pada pengejaran dekarbonisasi yang menggelikan.

Pertemuan darurat itu menggarisbawahi situasi kritis di China. Krisis kekurangan energi yang parah telah mencengkeram negara itu, dan beberapa daerah harus membatasi aliran listrik ke sektor industri, dan beberapa daerah perumahan bahkan menghadapi pemadaman mendadak.

Sebagai tanda betapa khawatirnya para pejabat China, Perdana Menteri Li Keqiang semalam bersumpah bahwa segala upaya akan dilakukan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi. China akan memastikan kebutuhan mata pencaharian dasar terpenuhi dan akan menjaga industri dan rantai pasokan stabil, kata Li seperti dikutip oleh radio China National selama pertemuan dengan diplomat asing Kamis.

Intinya adalah bahwa China akhirnya mencapai batas berapa banyak perlambatan yang bersedia ditoleransi dan Beijing akan melepaskan tsunami stimulus moneter dan fiskal. Ini juga berarti bahwa harga komoditas akan benar-benar gila pada musim dingin ini.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.