Cina Akan Balas Kebijakan Tarif AS Jika AS Tidak Mengubah Kebijakan Tarif $200 Miliarnya

Presiden Trump memutuskan mengenakan tarif 10% terhadap sekitar US$ 200 miliar produk impor dari China mulai pekan depan, karena Cina menolak berunding di tengah ancaman Amerika. Akibat keputusan Trump mengenakan tarif sekitar US$ 200 miliar produk impor dari China tersebut, maka China berjanji akan membalas tindakan Presiden AS Donald Trump, namun tak menyebut kapan melakukan langkah tersebut.

Menteri Luar Negeri China Geng Shuang belum menyebut apa tindakan balasan yang akan dilakukan. “Kami akan umumkan nanti pada saatnya,” katanya, seperti dikutip dari Washington Post. Cina berharap, Trump bisa memperbaiki keputusannya sebelum deadline 24 September.

Rencana Trump memukul produk dari China tak berhenti pada kebijakan tarif yang baru dilakukannya terhadap Cina. Trump kemarin mengatakan, jika Cina  melakukan balasan, maka Amerika akan kembali mengenakan tarif impor dari China pada 2019 mendatang lebih besar lagi, serta mengenakan kenaikan tarif lagi pada tambahan US$ 267 miliar produk dari China.

China sebelumnya juga mengatakan akan merespons menerapkan kenaikan bea masuk terhadap US$ 60 miliar produk dari AS dan akan dikenakan atas 5207 produk AS, tidak berubah dari proposal semula. Cina juga memiliki rencana baru untuk memberlakukan tarif sebesar 10% atas Liquefied Natural Gas (LNG), lebih rendah dari proposal semula sebesar 25%.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Presiden Biden akan Berpidato di Kongres pada 28 April

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres pada 28 April. Pidato itu akan disampaikan sewaktu Biden mencapai 100 hari menjabat,...

Biden Tunjuk Pengkritik Trump untuk Dua Pos Penting Imigrasi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (12/4) menunjuk dua kritikus kebijakan imigrasi mantan presiden Donald Trump untuk posisi kunci kontrol perbatasan dan...

Konstruksi Rumah Baru AS, Izin Bangunan Merosot Di Februari

Konstruksi rumah baru di AS menunjukkan penurunan substansial di bulan Februari, laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan pada hari Rabu menunjukkan. Laporan ini memperpanjang penurunan tajam yang terjadai di bulan sebelumnya.

Trump akan bantu Republik menangi kursi Kongres 2022

Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha memosisikan dirinya sebagai dalang Partai Republik pada Sabtu (10/4), seraya mengatakan kepada para penyumbang partai bahwa dia akan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502