Data ekonomi Jerman alami kontraksi, Euro Tak Berdaya

0
32

Data PMI Komposit Zona Euro naik menjadi 47,1 pada September 2023, sedikit peningkatan dari level terendah 34 bulan di bulan Agustus, dan sedikit melampaui ekspektasi pasar sebesar 46,5, berdasarkan perkiraan awal. Namun, data PMI terbaru masih menunjukkan penurunan aktivitas bisnis bulanan yang signifikan pada akhir kuartal ketiga, terutama didorong oleh kontraksi tajam di sektor manufaktur.

Sementara itu, tingkat penurunan aktivitas jasa sedikit menurun. Total arus masuk pesanan baru mengalami penurunan terbesar sejak November 2020, dan tumpukan pekerjaan mengalami penurunan terbesar sejak Juni 2020, sementara tingkat penciptaan lapangan kerja merupakan yang paling lambat kedua dalam rangkaian pertumbuhan 32 bulan saat ini.

PMI Komposit Jerman naik menjadi 46,2 pada September 2023, naik dari level terendah 39 bulan di bulan Agustus di 44,6 dan jauh di atas konsensus pasar sebesar 44,8, berdasarkan perkiraan awal.

Namun demikian, angka tersebut menunjukkan adanya penurunan kuat lainnya dalam aktivitas bisnis sektor swasta, terutama didorong oleh kontraksi paling tajam dalam output manufaktur sejak bulan Mei 2020. Sebaliknya, aktivitas jasa hanya sedikit menurun, dengan tingkat kontraksi yang berkurang secara signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. bulan.

Data-data indikator ekonomi yang menunjukan penurunan memberikan sentimen negatif untuk euro. Pair EURUSD sempat turun cepat ke $1.06141 setelah data dirilis diawal sesi Eropa lalu mencoba pulih ke $1.06500 dan saat ini kembali tertekan dan akan menguji area $1.06000.