Diskon Saudi picu kekhawatiran permintaan, harga minyak jatuh 1 dolar

Harga minyak jatuh sekitar 1 dolar AS di perdagangan Asia pada Senin, memperpanjang kerugian setelah eksportir utama dunia Arab Saudi memangkas harga kontrak minyak mentah untuk pasar Asia selama akhir pekan, mencerminkan pasar global mendapatkan pasokan dengan baik dan memicu kekhawatiran atas prospek permintaan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November turun 98 sen atau 1,4 persen, menjadi 71,63 dolar AS per barel pada pukul 06.13 GMT.

Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk penyerahan Oktober berada di 68,34 dolar AS per barel, turun 95 sen atau 1,4 persen.

Raksasa minyak kerajaan Arab Saudi, Saudi Aramco memberi tahu pelanggan dalam sebuah pernyataan pada Minggu (5/9/2021) bahwa mereka akan memotong harga jual resmi (OSP) Oktober untuk semua kadar minyak mentah yang dijual ke Asia, wilayah pembelian terbesarnya, setidaknya 1 dolar AS per barel.

Pemotongan harga itu lebih besar dari yang diharapkan, menurut jajak pendapat Reuters di antara penyulingan Asia.

“OSP ke Asia bearish, menandakan permintaan yang lebih lemah dan potensi pasokan yang lebih tinggi,” kata analis Energy Aspects, Virendra Chauhan.

Pasokan minyak global meningkat karena Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, dikenal sebagai OPEC+, meningkatkan produksi sebesar 400.000 barel per hari per bulan antara Agustus dan Desember.

“Mengingat OPEC+ melanjutkan rencananya untuk meningkatkan produksi bulanan, meskipun data dari China lemah dan AS meningkatkan kekhawatiran perlambatan, serta Arab Saudi mencari pangsa pasar di kawasan itu, minyak kemungkinan akan tetap di bawah tekanan,” kata Jeffrey Halley, seorang analis pasar senior untuk Asia Pasifik di broker OANDA.

Penurunan minyak mentah berjangka menambah penurunan pada Jumat (3/9/2021) setelah laporan pekerjaan AS yang lebih lemah dari yang diperkirakan mengindikasikan pemulihan ekonomi yang tidak merata, yang dapat berarti permintaan bahan bakar lebih lambat selama kebangkitan kembali dari pandemi.

Namun penurunan harga minyak dibatasi oleh kekhawatiran bahwa pasokan AS akan tetap terbatas setelah Badai Ida.

Pemerintah AS melepaskan minyak mentah dari cadangan minyak strategis karena produksi di Pesisir Teluk AS sedang berupaya untuk pulih.

Sekitar 1,7 juta barel minyak dan 1,99 miliar kaki kubik produksi gas alam tetap offline, data pemerintah yang dirilis pada Jumat (3/9/2021) menunjukkan, sementara kekurangan pasokan listrik menghambat beberapa kilang untuk melanjutkan operasi.

Badai Ida juga menyebabkan perusahaan-perusahaan energi AS pekan lalu memangkas jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi untuk pertama kalinya dalam lima minggu, data dari Baker Hughes menunjukkan pada Jumat (3/9/2021).

Jumlah rig minyak turun paling banyak sejak Juni 2020.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.