Ditutup Menguat, Nikkei Tertahan Kekhawatiran Suku Bunga AS

Indeks Nikkei Jepang menguat pada perdagangan sesi Jumat, setelah developer properti China Evergrande Group telah membuat kupon obligasi pembayaran. Namun, ketidakpastian seputar kenaikan suku bunga AS, dan kehati-hatian menjelang pemilihan umum serta laporan pendapatan perusahaan membatasi pergerakan Nikkei.

Indeks Nikkei ditutup menguat 0,34% pada level 28.804,85, setelah sempat menguat 0.98% di awal sesi atas pemberitaan bahwa pengembang properti China membuat pembayaran suku bunga obligasi. Untuk pekan ini, indeks mencatat penurunan 0,9%. Sementara itu indeks Topix ditutup menguat 0,7% di level 2.002,23.

Namun kondisi pasar masih tergerus oleh ketidakpastian yang justru berasal dari luar Jepang, menyusul Evergrande yang masih menghadapi pembayaran kembali utang nya, harga minyak yang masih tinggi dan kenaikan yield obligasi AS tadi malam.

Namun, jauh di atas itu, Jepang akan menyelenggarakan pemilihan umum nasional dan musim laporan pendapatan perusahaan yang akan dimulai pekan depan. Para pelaku pasar pasar hanya menantikanhasil kedua peristiwa itu sebelum mengambil posisi.

Partai berkuasa LDP kemungkinan dapat kehilangan kursi pada pemilihan majelis rendah pada 31 oktober mendatang. Namun koalisi berkuasa yang dibentuk dengan partai Komeito diperkirakan akan mempertahankan mayoritas, menurut laporan media lokal.

Saham sektor teknologi pimpin kenaikan, dengan saham perusahaan terkait chip, Tokyo Electron, menguat 4,4% dan Advantest naik 1,22%. Disco naik 2.99% setelah bukukan profit operasional semester pertama sebesar 71%.

Sementara itu, saham Japan Post Holdings mengalami penurunan 1,63% menjelang penjualan sahamnya oleh pemerintah, yang dapat menyerap hampir $8 miliar tunai dari pasar.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.