Dolar AS Mengendur, Aussie Naik Karena Risk Appetite Meningkat

Dolar AS mengendur atau melemah pada Rabu pagi diperdagangan Asia, sementara dolar Australia naik mencapai level tertinggi satu minggu. Selera risiko investor meningkat atas indikasi bahwa varian omicron COVID-19 tidak terlalu parah, meskipun vaksin yang ada tidak mampu memberikan perlindungan penuh.

Indeks Dolar AS yang mengukur pergerakan terhadap enam mata uang lainnya turun 0,23% menjadi 96,150. Pasangan AUD/USD naik 0,27% menjadi 0,7137 dan pasangan NZD/USD naik tipis 0,10% menjadi 0,6795. Sementara itu pasangan USD/JPY turun tipis 0,04% menjadi 113,52.dan GBP/USD naik tipis 0,12% menjadi 1,3257.

Perusahaan GlaxoSmithKline PLC mengatakan pada hari Selasa bahwa terapi COVID-19 berbasis antibodinya efektif terhadap semua mutasi varian omicron. Ini mengembangkan sotrovimab bersama dengan Vir Biotechnology Inc.

“Pasar terus melakukan perjalanan dengan optimisme yang baik bahwa omicron tidak akan memiliki tingkat keparahan dibandingkan varian sebelumnya dalam hal hasil kesehatan, bahkan jika itu lebih menular,” kepala strategi FX National Australia Bank Ray Attrill mengatakan dalam sebuah catatan. Namun, kepala penelitian Institut Penelitian Kesehatan Afrika Alex Sigal memperingatkan pada hari Selasa bahwa vaksin COVID-19 Pfizer Inc. /BioNTech SE  mungkin hanya efektif sebagian terhadap omicron.

Kabar itu menempatkan pasar aset berisiko dalam “suasana yang bersemangat” mengangkat saham, komoditas, serta mata uang terkait komoditas yang lebih berisiko termasuk dolar Australia dan Kanada.

Dolar Australia naik 1,71% terhadap dolar untuk minggu ini dan bersiap untuk kinerja terbaiknya dalam tiga bulan. Itu juga menguat 2,28% terhadap yen dan menuju minggu terbaiknya sejak pertengahan Oktober 2021. Sementara itu, dolar Kanada diperdagangkan pada $1,26450, mendekati level terkuat dua minggu.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.