Dolar Melonjak ke Tertinggi Baru 20-Tahun di Hawkish Fed

Dolar AS melonjak ke level tertinggi baru 20 tahun terhadap sekeranjang mata uang pada hari Kamis, memperpanjang kenaikan setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga dan mencapai nada yang lebih hawkish dari yang diharapkan dalam pertemuan terbarunya.

Indeks dolar naik sebanyak 1% menjadi 111,47, level tertinggi sejak Juni 2002, sementara indeks dolar berjangka naik 0,3% menjadi 111,427. Kedua indikator rally pada hari Rabu setelah keputusan Fed. Imbal hasil Treasury AS 10-tahun melonjak ke level tertinggi 11-tahun.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada hari Rabu, seperti yang diharapkan. Ketua Jerome Powell memperingatkan bahwa bank akan mempertahankan kenaikan suku bunga pada klip yang tajam, bahkan mempertaruhkan tekanan pada pertumbuhan ekonomi dan pasar tenaga kerja, karena berjuang untuk mengendalikan inflasi yang tidak terkendali.

Komentar hawkish memperkuat ekspektasi bahwa suku bunga AS akan mengakhiri tahun ini jauh di atas 4% – level tertinggi mereka dalam lebih dari 14 tahun. Bank sentral juga bermaksud untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama, dengan pemotongan dimulai hanya pada 2024. Inflasi diperkirakan akan tetap jauh di atas target 2% Fed setidaknya untuk dua tahun ke depan, perkiraan bank pada hari Rabu. Ini juga akan meningkatkan pengurangan neraca dalam beberapa bulan mendatang.

“The Fed ingin menyampaikan pesan bahwa inflasi masih akan lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya dan bahwa tingkat kebijakan bisa setinggi 4,60% pada akhir tahun 2023. Dapat dimengerti bahwa ini melemahkan gagasan ‘poros’ Fed lebih jauh dan melihat pasar FX bias menuju perlambatan dan resesi. Buku pedoman ini benar-benar mendukung dolar daripada mata uang pro-siklus,” tulis analis di ING dalam sebuah catatan.

Sebagian besar mata uang yang digerakkan oleh risiko merosot terhadap dolar pada hari Kamis, sementara euro jatuh lebih jauh dari paritas dolar. Greenback juga mendapat dukungan dari peningkatan permintaan safe haven, pada tanda-tanda potensi eskalasi dalam konflik Rusia-Ukraina. Presiden Rusia Valdimir Putin menandatangani dekrit yang menyerukan mobilisasi pasukan parsial di negara itu, dan juga mengangkat ancaman penggunaan kekuatan nuklir.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.