Dolar Menguat Imbas Penggantian Gubernur Bank Sentral Turki

Dolar menguat pada sesi Senin pagi di Asia, tetapi lira Turki jatuh ke rekor terendah terhadap greenback setelah Presiden Recep Tayyip Erdoğan menggantikan gubernur bank sentral hawkish Naci Agbal selama akhir pekan.

Indeks Dolar AS yang melacak greenback terhadap sejumlah mata uang utama naik tipis 0,16% ke level 92,073.

Pasangan USD/JPY turun tipis 0,03% ke level 108,84. Pasangan AUD/USD turun 0,30% ke level 0,7719 dan pasangan NZD/USD turun 0,17% ke level 0,7151. Pasangan USD/CNY naik tipis 0,06% ke level 6,5108. Pasangan GBP/USD turun 0,26% ke level 1,3832.

Erdogan memecat Agbal dalam langkah mengejutkan yang terjadi dua hari setelah kenaikan suku bunga tajam yang bertujuan untuk menahan inflasi hampir 16% dan mendukung lira. Dengan Sahap Kavcioglu sekarang memimpin, bank sentral Turki kemungkinan akan membalikkan langkah-langkah hawkish yang diambil untuk memerangi inflasi sejauh ini, yang dapat menyebabkan volatilitas pasar yang berkepanjangan.

Lira Turki sempat berada pada level 8,10 per dolar di awal perdagangan sesi Asia, turun 11% dari penutupan pada hari Jumat. Lira turun sebanyak 14,9% ke level 8,4850 pada satu titik, mendekati rekor terendah 8,5800. Likuiditas tipis selama awal perdagangan di Asia, dan pasar tengah bersiap untuk langkah yang lebih besar saat pasar Eropa dan AS dibuka hari ini.

Yen menguat terhadap euro, AUD, dan NZD, dengan aset safe-haven didorong oleh ekspektasi bahwa investor Jepang akan mengurangi kerugian mereka pada lira, yang telah mereka beli karena suku bunga tinggi, dan melepas lintas mata uang yen populer lainnya.

Penurunan lebih lanjut dalam AUD dan NZD kemungkinan akan terbatas karena kedua mata uang tersebut masih akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga komoditas dan akselerasi dalam perdagangan global.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Biden disebut telah buktikan janji kampanye terhadap Muslim

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut telah membuktikan janji saat kampanye pencalonannya sebagai presiden, terkait kebijakan terhadap Muslim dan Islam. Janji kampanye Biden untuk...

Sterling Loss 2,5% Terhadap Euro Sebelum Berakhirnya Lockdown.

Nilai tukar Pound Sterling turun secara keseluruhan selama seminggu terakhir, terutama terhadap Euro dan Dolar dengan GBPEUR melihat posisi terendah 1,1480 dan GBPUSD serendah...

Imbal Hasil Treasury AS 10-Tahun Turun, Dolar Masih Konsolidasi

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun sedikit berubah pada 1,66% pada hari Kamis karena saham global terus diperdagangkan di sekitar tertinggi sepanjang masa dan investor...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502