Dolar Menguat, Yen Drop Menjelang Pertemuan BOJ

0
117
Yen Jepang

Dolar AS menguat di awal perdagangan Eropa Senin, diperdagangkan tepat di atas level terendah tujuh bulan di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memperlambat laju kenaikan suku bunga, sementara yen Jepang melemah menjelang pertemuan Bank of Japan.

Pada Senin siang, Indeks Dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, naik ke 102.222, tepat di atas level yang tidak terlihat sejak awal Juni tahun lalu, meskipun volume terbatas dengan pasar AS berlibur.

Dolar turun lebih dari 1% sepanjang tahun ini, dengan data  minggu lalu menunjukkan inflasi turun untuk pertama kalinya dalam lebih dari 2,5 tahun pada bulan Desember. Kesan awal yang tampaknya dikonfirmasi ini bahwa inflasi sedang mundur, yang telah menyebabkan ekspektasi bahwa Federal Reserve AS mendekati akhir siklus kenaikan suku bunga, dan bahwa suku bunga tidak akan setinggi yang ditakuti sebelumnya.

Rilis ekonomi utama AS minggu ini adalah penjualan ritel AS hari Rabu. Data sebelumnya membukukan penurunan terbesar dalam 11 bulan di bulan November dan penurunan serupa di bulan Desember akan menambah ekspektasi bahwa Fed akan meredam kenaikan suku bunga yang agresif untuk menghindari lebih banyak kerusakan ekonomi.

Pasangan mata uang USD/JPY naik 0,7% menjadi 128,70, tepat di atas lantai tujuh bulan yang dicapai Senin pagi, dengan para pedagang dengan tegas fokus pada pertemuan penetapan kebijakan Bank Jepang akhir pekan ini. Ekspektasi tumbuh bahwa BOJ akan membuat perubahan lebih lanjut pada kebijakan pengendalian imbal hasil ketika mengumumkan keputusan kebijakan moneternya pada hari Rabu, menyusul langkah mengejutkan bulan lalu untuk memperluas kisaran target imbal hasil obligasi 10 tahun.

Harga naik di Jepang, dengan inflasi di ibu kota Tokyo mencapai 4% untuk pertama kalinya sejak 1982, dan dengan demikian tekanan meningkat pada bank sentral untuk beralih dari kebijakan moneternya yang sangat longgar.

“USD/JPY telah berjalan sangat cepat, tetapi beberapa condong jangka panjang di pasar opsi FX menunjukkan pergeseran struktural dalam pandangan pasar di USD/JPY,” kata analis di ING, dalam sebuah catatan. “Kami menduga hanya sedikit yang ingin menghalangi penurunan USD/JPY. 126,50 terlihat seperti target jangka pendek yang jelas untuk USD/JPY.”