Dolar Terus Naik Karena Prospek Ekonomi AS Lebih Baik Dari Euro

Dolar naik menuju kenaikan harian kelima berturut-turut pada hari Kamis di tengah kepercayaan pada prospek ekonomi AS dan kemungkinan bahwa laporan pekerjaan hari Jumat akan lebih kuat dari yang diharapkan.

Indeks dolar AS naik 0,5% pada perdagangan sore di New York menjadi 91,509, naik 1,7% untuk awal tahun ini dan level tertinggi dalam dua bulan.

Pergerakan naik dolar tersebut membuat penurunan 0,6% dalam euro, yang jatuh ke $ 1,1966, di bawah level pertahanan penting $ 1,20 awal pekan ini. Itu adalah penurunan pertama di bawah $ 1,20 sejak 1 Desember. Dolar juga naik 0,4% terhadap yen, naik ke 105,53, level tertinggi sejak 11 November.

Setelah indeks dolar kehilangan 7% tahun lalu, kenaikannya sejak Desember telah ditutup dan pandangan bahwa pemulihan ekonomi AS dari pandemi COVID-19 akan lebih kuat daripada di negara lain.

“Ada perubahan mendasar di sini dalam jangka pendek di mana kami melihat prospek ekonomi AS benar-benar mengalahkan apa yang kami lihat di zona euro,” kata Ed Moya, analis pasar senior di OANDA. Pandangan itu diperkuat pada hari Kamis ketika pemerintah AS mengatakan jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran menurun minggu lalu.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara mencapai 779.000 yang disesuaikan secara musiman minggu lalu, lebih baik dari perkiraan ekonom dan lebih baik dari 812.000 pada minggu sebelumnya. Pemerintah akan merilis pada hari Jumat jumlah pekerjaan penggajiannya untuk Januari, dan ekonom mengharapkan kenaikan 50.000 setelah penurunan bulan Desember sebesar 140.000.

Pergerakan dolar terjadi karena imbal hasil Treasury AS jangka panjang naik pada hari Kamis karena investor memposisikan diri untuk paket bantuan pandemi (stimulus) besar dari Washington dan pasar tenaga kerja AS yang stabil. Imbal hasil Treasury AS jangka panjang naik karena para pedagang memposisikan diri untuk paket stimulus besar dari Washington. Imbal hasil 10-tahun naik satu basis poin dalam perdagangan sore di 1,14% dan pada satu titik mencapai 1,16%, tertinggi sejak 12 Januari.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Trump Akan Hadir di Konferensi Tahunan Partai Republik

Mantan presiden AS Donald Trump akan hadir sebagai pembicara utama dalam Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) tahunan yang digelar oleh para anggota Partai Republik. Trump...

Dolar Didera Penantian, Pasar Mencari Inspirasi Dari Powell

Dolar sentuh level tertinggi tujuh bulan terhadap yen Kamis, imbas kenaikan yield Treasury AS menjelang pidato Ketua Federal Reserve.

Perusahaan Merck Bersedia Bantu Produksi Vaksin Johnson & Johnson

Raksasa perusahaan farmasi AS, Merck bersedia membantu pesaingnya Johnson & Johnson dalam pembuatan vaksin virus corona agar dapat mempercepat produksi jutaan vaksin baru dengan...

Harga Minyak Akan Naik Sangat Cepat, Bisa 3 Digit Angkanya

JAVAFX - Harga minyak akan naik pada tingkat tercepat sejak 1970-an selama tiga tahun ke depan, demikian dikatakan oleh kata Bank of America (BoA)...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502