Dolar Yang Masih Terpuruk Di Tengah Sinyalemen Pertumbuhan

Dolar berhasil mencatat kenaikan sejak perdagangan sesi Jumat pagi di Asia. Namun, emas malah masih terpuruk dan menuju penurunan dalam empat minggu berturut-turut. Penurunan emas ini tak lepas dari pengaruh Federal Reserve AS yang masih mempertahankan kebijakan moneternya yang dovish.

Indeks dolar (DXY) akan mengakhiri pekan ini dengan penurunan 0,2%, dan turun 2,8% untuk bulan ini. Bulan yang buruk bagi dolar AS. Penurunan greenback menjadi berkah bagi rekannya di utara, dengan dolar Kanada naik ke level tertinggi di lebih dari tiga tahun terhadap dolar AS pada hari Jumat.

Para pelaku pasar masih terpengaruh oleh keputusan kebijakan terbaru Fed, yang dirilis pada hari Rabu. Meskipun Ketua Fed Jerome Powell mengakui pertumbuhan ekonomi AS saat ini, dia menambahkan bahwa belum ada cukup bukti dari “perkembangan substansial lebih lanjut” menuju pemulihan untuk membenarkan perubahan dalam kebijakan.

Optimisme yang menunjukkan pemulihan ekonomi, terutama di pasar tenaga kerja, dapat memaksa The Fed mengurangi pembelian asetnya lebih awal dari yang diharapkan, mendorong indeks dolar ke level tertinggi lima bulan pada Maret 2021.

Tidak tertutup kemungkinan Indeks dolar turun di bawah 90 dalam waktu dekat, dari 90,6 saat ini. Tetapi “tren depresiasi indeks dolar lebih memungkinkan sebagai masalah yang sedang berlangsung daripada penurunan tajam grosir.

Data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan PDB triwulanan AS naik 6,4% pada kuartal pertama 2021 dan pengajuan klaim pengangguran sebesar 553.000 selama seminggu terakhir.

Sikap The Fed kontras dengan tetangganya di utara, Bank of Canada, yang telah mulai mengurangi pembelian asetnya. Dolar Kanada yang terkait dengan komoditas mendapat dorongan lebih lanjut dari kenaikan harga minyak, yang berada pada level tertinggi enam minggu.

Indeks Dolar AS yang mencatat perdagangan greenback terhadap mata uang mayoritas naik tipis 0,03% ke level 90,618.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden yakin dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap dapat segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan Gedung Putih menyatakan bahwa perbedaan antara AS dan Rusia...

Bursa Eropa Di Buka Memerah Ikuti Wall Street

Bursa Eropa di buka memerah juga mengikuti memerahnya bursa Asia dan Wall Street. Memerahnya bursa Wall Street karena ancaman meningkatnya inflasi yang membuat terjadinya...

Dolar AS Melemah, Emas Siap Lakukan Sprint Ke 1900

JAVAFX - Laju kenaikan lanjutan Emas kini mengincar harga $1900 per troy ons karena pantulan dolar AS memudar setelah data NFP yang dirilis pada...

Biden: Kenaikan Pajak Akan Danai Rencana Penyelamat AS

Presiden Joe Biden mengatakan American Rescue Plan (Rencana Penyelamatan Amerika) yang diluncurkannya dapat didanai jika para multi-jutawan “membayar pajak yang adil.” “Adil untuk mengatakan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502