Draghi: Kondisi Finansial dan Pasar Tenaga Kerja Yang Sehat, Formula Ekonomi Uni Eropa Tetap Ekspansi

JAVAFX – Senin(28/1/2019), Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengutarakan bahwa ada tiga hal penting agar pondasi pertumbuhan ekonomi zona euro agar terus mengalami ekspansi.

Menurut Presiden Bank Sentral Eropa tersebut, ekonomi zona euro bisa terus bergerak stabil apabila didukung dengan kondisi finansial yang sehat, dinamika pasar tenaga kerja yang menguntungkan dan disertai oleh peningkatan upah yang berlanjut.

Gold Trading

Ketidakpastian yang berkaitan dengan faktor geopolitik dan ancaman terhadap industri domestik dari luar, seperti pajak barang impor bisa membebani pertumbuhan ekonomi zona euro. Draghi-pun melihat bahwa dalam beberapa bulan terakhir data yang muncul memperlihatkan adanya perlambatan pertumbuhan lebih dari yang diperkirakan.

Namun, dirinya merasa yakin bahwa kondisi pertumbuhan inflasi di zona euro akan tetap dekat dari target bank sentral yang saat ini sebesar 2.0% meski terdapatnya ancaman yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat. Ia juga menambahkan bahwa stimulus kebijakan moneter bank sentral akan tetap penting dan selalu disesuaikan secara kondisi dan kebutuhan ekonomi di wilayah zona euro.

Menyusul testimoni singkat dari Presiden Bank Sentral Eropa ini, pergerakkan EURUSD sewaktu berita ini dibuat terpantau naik 0.04% dengan diperdagangkan pada level 1.1415.