ECB Pertimbangkan Kenaikan Suku Bunga Besar di Juli

0
85

Sebagian besar pembuat kebijakan ECB menyukai kenaikan suku bunga 25bps pada bulan Juli tetapi beberapa pejabat lebih memilih untuk tetap membuka pintu untuk kenaikan yang lebih besar, demikian salah satu poin risalah dari pertemuan Kebijakan Moneter ECB Juni menunjukkan.

 Namun, mereka menyimpulkan bahwa kenaikan 25bps adalah langkah pertama yang proporsional dan bahwa membuka pintu untuk peningkatan yang lebih besar pada bulan September akan memungkinkan bank sentral mendapat manfaat dari proyeksi yang diperbarui dan dari mengamati dampak kenaikan suku bunga pertama pada kondisi keuangan selama musim panas.

ECB mengatakan selama pertemuan Juni bahwa mereka akan mengakhiri pembelian aset bersih di bawah APP pada 1 Juli 2022 dan akan menaikkan suku bunga utama ECB sebesar 25 bps pada Juli.

Selama pertemuan darurat beberapa hari kemudian, bank sentral mengumumkan persiapan alat anti-fragmentasi baru untuk membantu memperketat spread yang melebar di antara negara-negara seperti Italia dan Spanyol di mana imbal hasil obligasi melonjak sejak bank sentral mengambil sikap yang lebih hawkish.

Kita akan menantikan ECB untuk pertama kalinya akan menaikan suku bunga di pertemuan Juli, yang akan mengakhiri era moneter longgar.

Pada hari Jumat, mata uang euro diperdagangkan terus melemah dan berada di level $1.01390 atau lebih rendah dari penurunan hari Kamis di $1.01430.