ECB Tidak Merubah Suku Bunga, Recovery EUR Tersendat

JAVAFX – Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari ini, Rabu 10 April 2019 mengumumkan hasil pertemuan  dengan keputusan tidak merubah suku bunga pada level 0%, dengan penekanan bahwa pihak ECB berharap suku bunga tetap berada pada rekor rendah, setidaknya hingga akhir tahun 2019.

Gold Trading

Keputusan tersebut tentu saja dilandasi oleh kondisi pertumbuhan ekonomi global yang berada dalam ketidakpastian dan ECB juga berkomitmen untuk tetap me-reinvestasi  uang tunai dari obligasi untuk periode waktu yang lebih panjang

Sementara itu, Presiden ECB, Mario Draghi pada perhelatan konferensi pers menguraikan beberapa poin penting antara lain bahwa reaksi pasar terhadap setiap uraian dari pihak ECB mengindikasikan  pasar memahami kebijakan yang dirilis ECB

Draghi juga menjelaskan bahwa pihaknya sedang dalam proses menganalisa dampak dari suku bunga negatif terhadap profit perbankan.

Sedangkan reaksi para partisipan forex market atas keputusan dan uraian Draghi, mengindikasikan performa EUR agak tersendat, setelah sejak sesi opening pasar Asia hingga Eropa nampak melaju naik.

Terhadap USD misalnya, EURUSD mulai tertekan setelah gagal menembus resisten 1.12946, dan berpotensi menguji support 1.12368 dengan support kritis 1.12079. Support lanjutan, 1.11752.