Emas Babak Belur Di Awal Minggu 2021

Emas mendapatkan mimpi buruk di awal tahun 2021 ini, karena upaya naik dalam lima minggu sebelumnya telah dipatahkan. Harga emas babak belur terkena aksi jual hebat karena investor beralih ke dolar setelah naiknya yield Treasury AS sehingga mencatat penurunan mingguan terbesar sejak November.

Baik harga emas berjangka maupun spot, yang mencerminkan perdagangan real-time dalam bullion, kehilangan lebih dari $65 dalam seminggu atau lebih dari 3%.

Penurunan emas terjadi karena investor menarik uang dari logam mulia untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi dalam dolar. Beberapa investor juga beralih dari emas ke bitcoin yang telah menjadi favorit para spekulan di seluruh dunia.

“Minat institusional untuk bitcoin mulai benar-benar merusak prospek jangka panjang untuk emas,” kata Craig Erlam, analis di broker online OANDA. “Gelembung bitcoin akan muncul di beberapa titik selama beberapa bulan ke depan jika tidak lebih cepat, tetapi sampai saat itu emas kehilangan tulang punggung bunga uang besar.”

Emas untuk pengiriman Februari di Comex New York ditutup pada $ 1,835.40 per ounce, turun $ 78,20, atau 4,3% pada hari Jumat. Seminggu yang lalu, emas untuk Februari melayang di $ 1,901.60. Penurunan pada minggu ini adalah yang terbesar untuk emas sejak pekan yang berakhir 7 November ketika Pfizer (NYSE: PFE) mengumumkan keefektifan 95% dalam vaksin Covid-19 yang tiba-tiba menjadi pengubah permainan dalam memerangi pandemi.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Pasca FOMC Kamis Nanti, Akankah Dolar Indeks Terus Menguat ?

Pada Kamis dini hari nanti The Fed akan merilis suku bunganya dan kebijakan moneter. FOMC akan merilis kebijakannya dalam konferensi pers. Saat ini dolar...

China Berharap Kerja Sama dengan AS

China mengatakan kepada pemerintahan baru Biden pada Kamis (21/1) bahwa mereka berharap kedua negara dapat bekerja sama untuk memenuhi tantangan yang dihadapi dunia saat...

Gold Di Prediksi Akan Ke 2000, Benarkah ?

Di tengah banyaknya negara-negara yang mulai gencar melakukan vaksin, baik itu di Amerika, Eropa, bahkan Asia, dan berbagai negara-negara di belahan dunia lainnya, maka...

Pernyataan Lagarde Sempat Kuatkan EURUSD

Pada malam tadi, Presiden Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB), Christine Lagarde telah menyampaikan pernyataan mengenai ekonomi Eropa yang masih melakukan Lockdown ini akibat...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502