Emas Masih Dalam Bayang-Bayang Penurunan Lainnya

Emas perpanjang momentum bearish minggu sebelumnya dan mencatat performa kurang baik hari kedua berturut-turut pada Selasa, jatuh ke posisi terendah baru empat minggu di $1.770, menimbulkan kerugian besar yang semakin diperparah oleh pernyataan Ketua Fed Jerome Powell dan kekhawatiran virus covid varian Omicron.

Peringatan CEO Moderna Inc. Stéphane Bancel terhadap kemanjuran vaksin yang saat ini ada dalam memerangi varian baru memicu gelombang penghindaran risiko di pasar keuangan. Pasar memburu aset yang aman dan membuat imbal hasil Treasury runtuh, merontokkan dolar AS secara keseluruhan, dan pada gilirannya mendorong emas ke level $1.808.

Namun, pernyataan Powell tentang CARES Act di hadapan Komite Perbankan Senat kembali menyeret emas. Ketua Fed mengatakan saat yang tepat untuk mempertimbangkan untuk mengakhiri pembelian aset lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Pernyataan hawkish Powell memicu pemulihan pada imbal hasil serta dolar. Akibatnya, harga emas ambruk ke level $1.770 sebelum rebound mendekati $1.780 di tengah pembalikan tajam dalam kenaikan dolar. Aksi jual yang dipimpin Powell di indeks Wall Street meredam penurunan tajam harga emas.

Pasar saat ini masih dalam mode wait and see, menunggu pembaruan baru pada varian Omicron. Kesaksian Powell hari ke-2, data pekerjaan ADP AS dan PMI Manufaktur ISM akan memberikan petunjuk baru tentang kinerja ekonomi menjelang data Nonfarm Payrolls yang sangat penting pada hari Jumat.

Emas berjuang untuk rebound dari kejatuhan yang dalam pada hari Selasa gambaran bearish setelah harga menembus sekelompok level support kritis di sekitar $1.780 pada hari Senin. Dolar AS pun terlihat stabil setelah naik secara liar, atas rebound yield Treasury AS.

Secara tehnikal, emas terlihat berusaha keras untuk rebound dengan Relative Strength Index (RSI) mencoba mencapai level level 50, menunjukkan bahwa setiap rebound bisa menjadi peluang jual yang baik. Stochastic juga menunjukkan upaya emas untuk rebound meskipun tetap di bawah level 20.

Peluang untuk masuk dengan posisi buy emas pada level 1781 dengan level resistance terdekat pada level 1787 dan level resistance selanjutnya di 1795. Namun, jika upaya rebound gagal, emas berpeluang turun menuju level support terdekatnya di area 1774 dengan level support selanjutnya di 1768 dengan peluang sell di level 1778

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.