Emas Sulit Mempertahankan Bullish Sebelumnya

Emas berhasil rebound pada perdagangan sesi Rabu dari penurunan di sesi Selasa pasca pernyataan hawkish dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell. Tren bullish masih diharapkan di tengah kekhawatiran baru atas varian covid Omicron setelah AS mendeteksi satu kasus strain baru dan siap memperpanjang anjuran penggunaan masker jika diperlukan.

Pasar sejauh ini tetap mewaspadai pernyataan hawkish terbaru Ketua Fed dan implikasinya pada pasar global, terutama dalam menghadapi ketidakpastian yang ditengarai oleh covid varian Omicron. Sementara itu, para pelaku pasar sudah melalui data PMI Manufaktur, ADP, dan ISM AS yang menunjukkan optimisme, karena sentimen Fed mendominasi menjelang Nonfarm payrolls AS yang sangat penting yang akan dirilis pada hari Jumat.

Emas saat ini diperdagangkan di wilayah $1.780. penguatan emas karena berkurangnya permintaan untuk mata uang Amerika, karena saham berubah menjadi hijau setelah mencatat penurunan pada hari Selasa. Tidak adanya data penting dan berita bantuan terkait dengan varian coronavirus Omicron mendukung sentimen tersebut.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin saat ini dapat melindungi dari penyakit parah. Juga, WHO melaporkan bahwa sejauh ini, virus varian baru ini tampaknya hanya menyebabkan gejala dan penyakit yang lebih ringan. Perhatian seputar masalah ini masih tinggi karena gambaran yang jelas mungkin muncul setelah beberapa minggu lagi.

Sementara itu, imbal hasil obligasi pemerintah bertahan, dengan yield obligasi 10-tahun di 1,47%. Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell mengulangi kesaksiannya tentang tindakan CARES di hadapan Komisi Senat yang berbeda, mengulangi kata-katanya pada hari Selasa.

Tetapi harga emas sedang berjuang untuk memperpanjang momentum pemulihannya di atas $1.780. Resistance signifikan berikutnya berada di $1.787,55 dan resistance berikutnya dan kritis berada di $1.794,10, level yang harus ditaklukkan emas untuk memperpanjang kenaikan baru. Lebih jauh ke atas, level tertinggi hari sebelumnya di $1.795 akan menantang potensi bullish, dan jika ditembus tantan selanjutnya pada level psikologis $1.800.

Di sisi lain, terendah minggu sebelumnya di $1.779 menjadi bantalan langsung bagi atas bullish emas, dengan emas menghadapi tantangan pada level terendah multi-minggu di $1.770. Tapi sebelum jauh ke sana, 1773.82 akan menjadi support pertama yang harus dicapai. Peluang semakin terbuka lebar menuju posisi terendah November di $1.759 jika tekanan turun meningkat. Dengan catatan, jika emas mampu menembus support kedua di 1768.83.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.