Emas Tergelincir Karena Komentar Hawkish Pejabat Fed

Harga emas turun di bawah level support utama pada hari Selasa setelah komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve menimbulkan beberapa ketidakpastian atas jalur kebijakan moneter AS, sementara harga tembaga stabil karena pasar menunggu lebih banyak perkembangan di China.

Presiden Fed St Louis James Bullard mengatakan pada hari Senin bahwa Fed memiliki “cara untuk pergi” pada kenaikan suku bunga, dan dapat terus menaikkannya dan menahannya hingga 2024 untuk memerangi inflasi. Dia juga menegaskan kembali pandangannya bahwa tarif perlu dinaikkan setidaknya 1% menjadi antara 5% dan 5,25%.

Secara terpisah, Presiden Federal Reserve New York John Williams mengatakan bank sentral kemungkinan akan mulai memangkas suku bunga pada 2024, karena tekanan inflasi akhirnya mereda. Dia juga mengatakan bahwa biaya pinjaman perlu dinaikkan lebih lanjut untuk menurunkan inflasi. Komentar mereka mendorong dolar, dengan greenback melonjak hampir 0,7% pada hari Senin. Ini membebani sebagian besar pasar logam, terutama emas.

Sementara komentar Bullard dan Williams memberikan kejelasan lebih lanjut tentang kebijakan moneter AS, mereka juga meredupkan optimisme atas laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat oleh Fed dalam beberapa bulan mendatang, mengingat bahwa suku bunga kemungkinan akan memuncak pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Emas melihat sedikit permintaan safe haven minggu ini, bahkan ketika kerusuhan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya di China menimbulkan kekhawatiran atas gangguan ekonomi global.

Tetapi beberapa analis berpendapat bahwa protes di China pada akhirnya dapat mendorong pemerintah untuk melonggarkan kebijakan nol-COVID, yang merupakan inti dari perlambatan ekonomi China tahun ini. Skenario seperti itu cenderung positif untuk pasar komoditas.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.