Emas Tertahan Di Level 1.740 Meski Dolar Melemah

0
90

Emas tertahan di atas level support penting 1,740.00 di perdagangan Kamis. Logam mulia tersebut relatif sukses menarik minat pasar seiring indeks dolar AS turun lebih dari setengah kenaikan di sesi Rabu yang jatuh atas rendahnya ekspektasi untuk Nonfarm Payrolls (NFP) AS dan data Indeks Pesanan Baru ISM AS yang suram yang dirilis pada hari Rabu.

Sesuai konsensus pasar, ekonomi AS hanya menambahkan 270 ribu pekerjaan di bulan Juni, lebih rendah dari rilis sebelumnya 390 ribu. Tingkat Pengangguran diperkirakan bertahan di 3,6%. Sedikitnya penambahan lapangan kerja tidak menyamai perlambatan di pasar kerja.

Tingkat pekerjaan AS cukup optimal dan memiliki lebih sedikit peluang untuk pekerjaan yang lebih banyak. Namun, kondisi ini kemungkinan justru akan memangkas kepercayaan the Fed dalam mengumumkan langkah-langkah kebijakan restriktif yang ekstrem.

Sebelumnya pada Rabu, kamis dini hari waktu Indonesia barat, risalah pertemuan FOMC di Juni menunjukkan informasi yang hawkish dan mendongkrak minat beli baru dolar AS di perdagangan Amerika pada sesi Rabu. Risalah pertemuan The Fed tersebut juga menyingkap kekhawatiran para anggota dewan akan semakin mengakarnya inflasi di AS.