Fed Cenderung Netral, Emas Konsisten Menjaga Tren Naik

“Kami berada dalam situasi dimana Federal Reserve  sedang mulai menebarkan sinyal netralitas, yang berarti kenaikan suku bunga ke depan sangat jarang”

 

JAVAFX – Keluhan dari  Bart Melek, head of commodity strategiest dari TD Securities  di atas, sebagaimana dilaporkan investing.com (12/12/2018), mengindikasikan bahwa penerapan kebijakan moneter terkait kenaikan suku bunga oleh Fed, yang sempat menaburkan harapan tinggi di ranah pasar forex dan komoditi, sekarang mulai memudar.

Pesimis Bart dan juga sebagian besar analis lain, setidaknya berdasarkan pada beberapa komentar yang terlontar dari pejabat teras Fed pada saat menyinggun prospek suku bunga AS.

Lael Brainard misalnya, Gubernur Fed tersebut pada akhir pekan kemarin menyatakan bahwa dalam situasi meningkatnya  beragam resiko hutang pada perusahaan domestik dan luar negeri, memaksa pihaknya (Fed) untuk meninjau ulang  dampak dari kebijakan (kenaikan )  suku bunga, namun penerapan kebijakan kenaikan suku bunga, pada akhirnya bergantung pada  evaluasi ekonomi secara menyeluruh

Menurunnya ekspektasi terhadap kenaikan suku bunga AS biasanya beralih pada meningkatnya demand terhadap asset safe- haven, seperti  logam mulia (Emas) ketimbang dolar AS  atau saham. Dari sudut pandang tersebut, bullish yang mendekap Emas sebagai implikasi dari  tinjauan ekonomi global  untuk tahun depan yang agak muram .

Pekan kemarin, UBS dan Bank Of America Merril Lynch mempublikasikan laporan prediksi pasar pada tahun 2019 dan kedua bank tersebut memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 akan melambat

“Pandangan kami adalah bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan dibatasi oleh stimulus fiskal dan suku bunga yang lebih tinggi. Di zona Eropa, demand domestik yang solid tidak akan cukup untuk mengimbangi penurunan pertumbuhan ekspor.  Pada sisi lain, China menghadapi tekanan kembar dari tarif AS dan penyeimbangan ekonomi” urai laporan UBS.

Dari aspek teknikal,  sepanjang Emas  melaju konsiten di atas level 1233.00, perspektif bias bullish masih akan berlaku dengan resisten kritis pada level 1252.65. Sedangkan jika terkoreksi di bawah 1229.00 akan merubah perspektif bias bearish short term

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.