Fokus Pasar Periode 19 Maret – 23 Maret 2018

JAVAFX – Memasuki pekan perdagangan periode 19 Maret sampai dengan 23 Maret 2018 ini, pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral AS telah menjadi pusat perhatian pasar. Pasalnya, sebagian besar para ekonom meyakini bahwa the Fed akan kembali menaikan suku bunga mereka untuk pertama kalinya di bawah kepemimpinan Jerome Powell.

Diproyeksikan bahwa  The Fed akan menaikan tingkat suku bunga mereka sebesar 0.25%, yang disesuaikan secara musiman menjadi 1.75% dari saat ini yang berada di 1.50%. Selain suku bunga, pasar juga berharap the Fed untuk menguraikan secara jelas terkait seberapa cepat laju pengetatan kebijakan moneter ini berjalan dalam setahun ke depan.

Selanjutnya, Bank Sentral Inggris juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan kebijakan moneter setelah the Fed mengumumkan hasil suku bunga mereka. Saat ini, pasar memproyeksikan bahwa Bank Of England atau BOE akan tetap mempertahankan tingkat suku mereka di level 0.50% dan program pembelian obligasi sebanyak 435B. Situasi kondisi politik antara Inggris dengan Rusia yang sempat memanas pada pekan lalu juga wajib diantisipasi.

Sementara, pertemuan G20 yang berlangsung selama dua hari di Buenos Aires diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang mampu mengancam pertumbuhan ekonomi global. Salah satunya yaitu menyusun regulasi terhadap mata uang cryptocurrencies yang berhasil menciptakan fenomena di pasar finansial dunia. Kebijakan tarif impor yang saat ini dilakukan oleh AS terhadap China kemungkinan besar akan dibahas pada pertemuan G20 ini. Sebab, dikhawatirkan hal serupa akan dicontoh oleh negara –negara lain sehingga mampu menciptakan perang dagang secara masif di dunia.

Pada minggu ini pula, adapun beberapa data – data fundamental ekonomi lainnya yang wajib diperhatikan dalam mengantisipasi gejolak pergerakan pasar forex maupun komoditas. Kami telah merangkum jadwal data – data fundamental ekonomi selama sepekan ke depan, diantaranya:

SENIN, 19 Maret 2018
  • Hari Pertama Pertemuan G20
SELASA, 20 Maret 2018
  • 07.30 WIB – Ulasan Kebijakan Moneter Bank Sentral Australia dan Inflasi Harga Rumah Australia
  • 16.30 WIB – Data Pertumbuhan Inflasi Inggris
  • 17.00 WIB – Data Sentimen Ekonomi Jerman
RABU, 21 Maret 2018
  • 16.30 WIB – Data Tenaga Kerja Inggris dan Perbankan Inggris
  • 19.30 WIB – Data Transaksi Berjalan AS
  • 21.00 WIB – Data Penjualan Rumah Bekas AS
  • 21.30 WIB – Data Persediaan Minyak AS
KAMIS, 22 Maret 2018
  • 01.00 WIB – Laporan Kebijakan dan Suku Bunga The Fed
  • 07.30 WIB – Data Tenaga Kerja Australia
  • 16.30 WIB – Data Penjualan Ritel Inggris
  • 19.00 WIB – Laporan Kebijakan dan Suku Bunga Bank of England atau BOE
  • 19.30 WIB – Data Klaim Pengangguran AS
JUMAT, 23 Maret 2018
  • 19.30 WIB – Data Pertumbuhan Inflasi Kanada dan Pesanan Barang Tahan Lama AS

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.