Geopolitik Mereda,Harga Emas Dan Minyak Anjlok Lagi

JAVAFX – Tensi geopolitik sementara mereda setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa AS akan menahan diri untuk melakukan tidakan militer terhadap Iran setelah serangan di pangkalan
militer AS di Al Asad, Irak. Komentar Trump ini menyejukan suasana yang sempat memanas dan kondisi di pasar keuangan berangsur-angsur mulai kembali normal dimana para investor melepas aset safe haven dan kembali berburu aset beresiko atau risk aversion.

Mata uang safe haven seperti yen melemah cukup tajam pada harI Rabu dan berlanjut di sesi Asia hari Kamis. Demikian juga dengan komoditas emas yang disebut sebagai aset aman dari resiko anjlok tajam menjauhi level tertinggi tujuh tahun yang disentuh hari Rabu pagi. Faktor meredanya ketegangan di Timur Tengah membuat investor melepas emas dan yen serta berbalik membeli dolar AS.
Harga emas anjlok mendekati level $1540.00 dari level pembukaan tadi pagi $1556.74. Sementara yen melemah cukup tajam ke posisi 109.361 per dolar AS.

Gold Trading

Harga minyak dunia kembali terpangkas dari kenaikan tajam pada Rabu pagi yang sempat sentuh level $65.42 dan saat ini diperdagangkan turun di level $59.40 dekati level terendah kemarin $59.00 per barel.
Selama tidak ada eskalasi baru yang meningkatkan ketegangan politik di Timur Tengah maka harga emas, minyak dan juga mata uang yen Jepang akan terus tertekan terhadap dolar AS.

 

 

 

 

 

Swendy