GOLD Forecast: Emas ditutup menguat dan ditutup pada harga 1804.13; Trend: Bearish

Harga Spot emas di platform MetaTrader 5, Java Global Futures menguat sebesar 10.87 poin (0.61%) dan ditutup pada harga 1804.13 US Dollar / Troy ounce pada hari Selasa, 14 September 2021. Range harga harian bergerak di area 1808.36 – 1780.47.

US Dollar Index, index yang mengukur pergerakan US Dollar terhadap 6 mata uang utama, diperdagangkan melemah di 92.59, turun 0.02 poin, (-0.02%)

Spot perak menguat 0.12 poin atau (0.5%) dan ditutup di harga 23.825 US Dollar / Ounce sedangkan Spot USOil menguat 0.12 poin atau (0.17%) dan ditutup di harga 70.73 per barrel.

Weekly Gold

Di awal minggu ini, harga emas dibuka di harga 1787.92 dan pada saat berita ini dilaporkan, harga emas berada pada harga 1803.75 dan harga emas mingguan menguat 16.12 poin (0.9%).

Performance Emas dalam bulan September naik sebesar 0.86% dan secara tahunan turun sebesar 4.95%.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan kenaikan Core Inflation Rate YoY sebesar 4. Angka tersebut lebih lebih rendah dibanding kenaikan sebesar 4.3 yang di harapkan oleh para praktisi pasar.

**[Core Inflation Rate YoYNilai perubahan dalam biaya barang dan jasa tetapi tidak termasuk biaya dari sektor makanan dan energi secara tahunan. Nilai ukuran inflasi ini tidak termasuk barang-barang ini karena harganya jauh lebih fluktuatif. Ini paling sering dihitung menggunakan indeks harga konsumen (CPI), yang merupakan ukuran harga barang dan jasa.

Jika indeks harga konsumen (CPI) dirilis sesuai dengan yang diharapkan maka nilai tukar USD menguat, begitu juga sebaliknya jika CPI menurun maka nilai tukar greenback akan melemah.]

Sementara itu, Departemen Tenaga Kerja melaporkan kenaikan Inflation Rate YoY sebesar 5.3. Angka tersebut sesuai dengan ekspektasi para praktisi pasar.


Data Penting dari China & Negara G7:

Westpac Consumer Confidence Index Australia untuk September akan diumumkan pada jam 7:30 WIB. Westpac Consumer Confidence Index diperkirakan di 102.

Data Australia, Westpac Consumer Confidence Change untuk September akan diumumkan pada jam 7:30 WIB dan diperkirakan di -2 VS -4.4 (Nilai Sebelumnya).

**[Westpac Consumer Confidence Change – Indeks Sentimen Konsumen Westpac mengukur perubahan tingkat kepercayaan konsumen dalam aktivitas ekonomi. Pada indeks, level di atas 100.0 mengindikasikan optimisme; di bawah ini menunjukkan pesimisme. Data tersebut dikumpulkan dari survei terhadap sekitar 1.200 konsumen yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif kondisi ekonomi masa lalu dan masa depan.]

Data China, Unemployment Rate untuk Agustus akan diumumkan pada jam 9:00 WIB dan diperkirakan di 5.1 VS 5.1 (Nilai Sebelumnya).

**[Unemployment Rate – Tingkat pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang menganggur, dinyatakan sebagai persentase. Ini adalah indikator yang tertinggal, yang berarti bahwa indikator itu secara umum naik atau turun setelah perubahan kondisi ekonomi, daripada mengantisipasinya. Ketika ekonomi dalam kondisi yang buruk dan pekerjaan langka, tingkat pengangguran dapat diperkirakan akan meningkat. Ketika ekonomi tumbuh pada tingkat yang sehat dan pekerjaan relatif banyak, itu bisa diperkirakan turun.]

Data Inggris, Inflation Rate YoY untuk Agustus akan diumumkan pada jam 13:00 WIB dan diperkirakan di 2.9 VS 2 (Nilai Sebelumnya).

**[Inflation Rate YoY Inflasi mengacu pada peningkatan keseluruhan Indeks Harga Konsumen (CPI), yang merupakan tingkat rata-rata dari harga untuk barang dan jasa tertentu yang berbeda. Oleh karena itu, tergantung pada negara dan kebiasaan konsumsi dari mayoritas populasi, indeks akan terdiri dari barang yang berbeda. Beberapa barang mungkin mencatat penurunan harga, sedangkan yang lain mungkin meningkat, sehingga nilai keseluruhan dari CPI akan tergantung pada berat masing-masing barang sehubungan dengan keseluruha kebutuhan. Inflasi tahunan, mengacu pada perubahan persen dari CPI dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya.]

Data Canada, Inflation Rate YoY untuk Agustus akan diumumkan pada jam 19:30 WIB dan diperkirakan di 3.7 VS 3.7 (Nilai Sebelumnya).

**[Inflation Rate YoY Inflasi mengacu pada peningkatan keseluruhan Indeks Harga Konsumen (CPI), yang merupakan tingkat rata-rata dari harga untuk barang dan jasa tertentu yang berbeda. Oleh karena itu, tergantung pada negara dan kebiasaan konsumsi dari mayoritas populasi, indeks akan terdiri dari barang yang berbeda. Beberapa barang mungkin mencatat penurunan harga, sedangkan yang lain mungkin meningkat, sehingga nilai keseluruhan dari CPI akan tergantung pada berat masing-masing barang sehubungan dengan keseluruha kebutuhan. Inflasi tahunan, mengacu pada perubahan persen dari CPI dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya.]


Mengenai Emas

Emas sebagian besar diperdagangkan di pasar OTC London, pasar berjangka AS (COMEX) dan Shanghai Gold Exchange (SGE).

Kontrak Spot Emas adalah 100 Troy Ounce. Emas adalah investasi yang menarik selama periode ketidakpastian politik dan ekonomi. Separuh konsumsi emas dunia adalah perhiasan, 40% investasi, dan 10% industri.

Produsen emas terbesar adalah China, Australia, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Rusia, Peru dan Indonesia. Konsumen terbesar perhiasan emas adalah India, China, Amerika Serikat, Turki, Arab Saudi, Rusia dan UEA.

Anda dapat mendapatkan referensi harga Spot Emas & US Dollar Index dengan mengunduh platform trading MetaTrader 5 dari Java Global Futures.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.