GOLD Forecast: Emas ditutup menguat dan ditutup pada harga 2357.71; Trend: Bearish

0
55
Macro view of a shiny golden bar. Fine gold ingot close up. Financial success, business investment and wealth concept. 3D illustration

Harga Spot emas di platform MetaTrader 5, Java Global Futures mengalami pergerakan yang menguat sebesar 21.99 poin (0.94%) dan ditutup pada harga 2357.71 US Dollar per Troy ounce pada hari Selasa, 14 Mei 2024. Pergerakan ini menjadi sorotan para trader dan investor yang aktif dalam pasar emas, karena menunjukkan dinamika yang signifikan dalam pergerakan harga logam mulia yang paling dicari sebagai aset lindung nilai.

Rentang harga harian emas bergerak di antara 2359.42 hingga 2334.83, mencerminkan fluktuasi yang terjadi selama sesi perdagangan. Hal ini menandakan adanya tekanan antara pembeli dan penjual, serta potensi terbentuknya pola pergerakan harga yang menarik perhatian pelaku pasar.

Indeks US Dollar Index, yang mengukur pergerakan US Dollar terhadap 6 mata uang utama, diperdagangkan dengan arah pergerakan yang melemah pada level 104.84, mengalami perubahan sebesar 0.23 poin (-0.22%). Pergerakan indeks ini memberikan indikasi mengenai kekuatan dan kelemahan dolar AS terhadap mata uang utama lainnya, yang dapat mempengaruhi dinamika pasar valuta asing.

Selain emas, harga Spot perak juga mengalami pergerakan yang menguat sebesar 0.41 poin (1.47%) dan ditutup pada harga 28.575 US Dollar per ounce. Perak merupakan logam mulia lainnya yang memiliki peranan penting dalam pasar komoditas, dengan karakteristik pergerakan harga yang berbeda dari emas. Pergerakan harga perak juga menjadi perhatian bagi para investor yang tertarik dengan diversifikasi portofolio mereka.

Tidak ketinggalan, harga Spot USOil juga mengalami pergerakan yang melemah sebesar 0.76 poin (-0.96%) dan ditutup pada harga 78.4 per barrel. Harga minyak mentah WTI memiliki pengaruh signifikan dalam perekonomian global, dengan pergerakan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti permintaan dan penawaran global, kebijakan produksi negara-negara produsen minyak, serta perkembangan geopolitik di wilayah produsen minyak utama.

Perspektif Mingguan Emas

Di awal minggu ini, harga emas dibuka pada level harga 2362.81 dan pada saat berita ini dilaporkan, harga emas berada pada level 2356. Dalam perspektif mingguan, terjadi pergerakan harga emas yang melemah sebesar 7.37 poin (-0.31%). Pergerakan ini memberikan gambaran tentang tren jangka panjang emas dan menjadi bahan evaluasi bagi para investor yang memiliki strategi investasi jangka waktu lebih lama.


Data Penting dari China & Negara G7:

Wage Price Index QoQ Australia untuk akan diumumkan pada jam 8:30 WIB. Wage Price Index QoQ diperkirakan di 0.009.

Data Amerika, Retail Sales MoM untuk akan diumumkan pada jam 19:30 WIB dan diperkirakan di 0.003 VS 0.007 (Nilai Sebelumnya).

**[Retail Sales MoM – Penjualan Ritel AS mengukur total penjualan dalam perekonomian AS tidak termasuk jasa makanan. Penjualan ritel adalah ukuran yang baik tentang bagaimana keadaan ekonomi. Ini juga dapat memberikan gambaran apakah konsumen menggunakan pendapatan diskresioner mereka atau tidak.

Rilis data penjualan ritel dapat memiliki dampak besar pada pasar dan sektor yang digerakkan oleh konsumen pada khususnya.]

Data Amerika, Inflation Rate MoM untuk akan diumumkan pada jam 19:30 WIB dan diperkirakan di 0.003 VS 0.004 (Nilai Sebelumnya).

Data Amerika, Core Inflation Rate MoM untuk akan diumumkan pada jam 19:30 WIB dan diperkirakan di 0.003 VS 0.004 (Nilai Sebelumnya).

Data Amerika, Inflation Rate YoY untuk akan diumumkan pada jam 19:30 WIB dan diperkirakan di 0.035 VS 0.035 (Nilai Sebelumnya).

**[Inflation Rate YoY – Inflasi mengacu pada peningkatan keseluruhan Indeks Harga Konsumen (CPI), yang merupakan tingkat rata-rata dari harga untuk barang dan jasa tertentu yang berbeda. Oleh karena itu, tergantung pada negara dan kebiasaan konsumsi dari mayoritas populasi, indeks akan terdiri dari barang yang berbeda. Beberapa barang mungkin mencatat penurunan harga, sedangkan yang lain mungkin meningkat, sehingga nilai keseluruhan dari CPI akan tergantung pada berat masing-masing barang sehubungan dengan keseluruha kebutuhan. Inflasi tahunan, mengacu pada perubahan persen dari CPI dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya.]

Data Amerika, Core Inflation Rate YoY untuk akan diumumkan pada jam 19:30 WIB dan diperkirakan di 0.037 VS 0.038 (Nilai Sebelumnya).

**[Core Inflation Rate YoY – Nilai perubahan dalam biaya barang dan jasa tetapi tidak termasuk biaya dari sektor makanan dan energi secara tahunan. Nilai ukuran inflasi ini tidak termasuk barang-barang ini karena harganya jauh lebih fluktuatif. Ini paling sering dihitung menggunakan indeks harga konsumen (CPI), yang merupakan ukuran harga barang dan jasa.

Jika indeks harga konsumen (CPI) dirilis sesuai dengan yang diharapkan maka nilai tukar USD menguat, begitu juga sebaliknya jika CPI menurun maka nilai tukar greenback akan melemah.]

Data Jepang, GDP Growth Rate QoQ Prel untuk akan diumumkan pada jam 6:50 WIB dan diperkirakan di -0.003 VS 0.001 (Nilai Sebelumnya).


Mengenai Emas

Emas sebagian besar diperdagangkan di pasar OTC London, pasar berjangka AS (COMEX) dan Shanghai Gold Exchange (SGE).

Kontrak Spot Emas adalah 100 Troy Ounce. Emas adalah investasi yang menarik selama periode ketidakpastian politik dan ekonomi. Separuh konsumsi emas dunia adalah perhiasan, 40% investasi, dan 10% industri.

Produsen emas terbesar adalah China, Australia, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Rusia, Peru dan Indonesia. Konsumen terbesar perhiasan emas adalah India, China, Amerika Serikat, Turki, Arab Saudi, Rusia dan UEA.

Anda dapat mendapatkan referensi harga Spot Emas & US Dollar Index dengan mengunduh platform trading MetaTrader 5 dari Java Global Futures.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here