Greenback Terjatuh Dibebani Keraguan Pemulihan Ekonomi AS Akibat Pandemi

JAVAFX – Pada perdagangan mata uang utama dunia di hari Rabu (5/8), Dolar AS terpantau melemah pada awal perdagangan sesi Eropa, dibebani oleh keraguan tentang pemulihan ekonomi AS yang cepat di tengah berlanjutnya perselisihan politik atas rencana bantuan terbaru AS dari pandemi corona.

Indeks Dolar, yang melacak greenback terhadap sekeranjang enam mata uang lainnya, turun 0,3% pada level 93,067, tidak jauh dari level terendah dalam dua tahun lalu di 92,523 yang terlihat akhir pekan lalu.

Gold Trading

Pasangan mata uang USD/JPY turun 0,1% di 105,64, GBP/USD menguat 0,2% di 1,3094, sementara EUR/USD naik 0,2% pada level 1,1823.

Persepsi yang semakin menguat bahwa rebound ekonomi AS tertinggal di Eropa, khususnya mengingat bagaimana kedua kawasan menanggapi penyebaran wabah Covid-19, sangat membebani dolar dalam mendukung mata uang tunggal.

Persepsi ini telah diberikan lebih berat akhir-akhir ini oleh kebuntuan di Kongres atas usulan stimulus baru untuk meningkatkan ekonomi AS yang terpukul, sementara Uni Eropa baru-baru ini dapat melewati paket 750 miliar euro, termasuk prinsip kolektif hutang.

Meskipun negosiator Gedung Putih berjanji untuk bekerja sepanjang waktu untuk mencapai konsensus pada akhir minggu ini, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin memperingatkan bahwa “kita tidak akan mendekati” dengan label harga $3,4 triliun yang dicari oleh Demokrat.

Kebutuhan akan lebih banyak bantuan kemungkinan akan diilustrasikan dengan data penggajian swasta AS, yang akan dirilis pada pukul 08:15 ET (1215 GMT), kemungkinan akan menunjukkan perlambatan dalam perekrutan pekerja karena gelombang kedua dari virus corona yang mengakibatkan berbagai negara menunda rencana pembukaan kembali bisnis ekonomi mereka.

Data klaim pengangguran awal mingguan telah menunjukkan sedikit peningkatan dalam jumlah orang yang mengklaim tunjangan pengangguran selama beberapa minggu terakhir dan ini bisa diterjemahkan ke dalam rilis gaji resmi yang sangat mengecewakan pada hari Jumat.