Harapan Pada PM Baru Dongkrak Nikkei Ke Level Tertinggi Lima Bulan

Indeks Nikkei Jepang menyentuh level tertinggi lima bulan di tengah ekspektasi perdana menteri baru Jepang dapat memacu pemulihan dengan langkah-langkah yang lebih baik untuk mengatasi krisis virus corona dan dampak ekonominya.

Indeks saham Nikkei Average 225 mencapai 30.048,23 di awal sesi, mencapai level 30.000 untuk pertama kalinya sejak 9 April. Nikkei naik 0,79% pada level 29.894,64, sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 0,89% menjadi 2.059,30.

Pasar ekuitas Jepang telah mencatat kenaikan besar sejak Perdana Menteri Yoshihide Suga pada hari Jumat secara mendadak mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali pada pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) bulan ini.

Sementara itu, calon Perdana Menteri Fumio Kishida, pesaing kuat untuk menggantikan Suga, telah menyerukan paket stimulus lebih dari 30 triliun yen ($273 miliar) untuk meredam buruknya ekonomi akibat pandemi, sebuah majalah melaporkan.

Saham pembuat komponen elektronik Murata Manufacturing dan robot Keyence masing-masing naik 5,14% dan 4,52%, setelah pengumuman bahwa mereka akan ditambahkan dalam daftar saham di Nikkei 225 dalam perombakan indeks acuan itu bulan depan.

Saham Nintendo, yang juga akan dimasukkan dalam indeks acuan Nikkei 225, juga mencatat kenaikan. Saham produsen konsol permainan itu naik 0,87%.

Sementara itu, Sky Perfect JSAT Holdings, Toyo Seikan Group Holdings dan Nisshinbo Holdings akan dikeluarkan dari indeks acuan. Saham Nisshinbo dan Toyo Seikan masing-masing jatuh 11,18% dan 15,74%, sementara Sky Perfect naik 2,61%.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.