Harga Emas Beringsut Melemah Atas Penguatan Dolar AS

Harga emas turun tipis atas rebound-nya dolar AS sehingga mengalihkan daya tarik logam mulia tersebut. Sementara pasar saat ini sedang menantikan data harga konsumen AS untuk mengukur apakah ada peningkatan tekanan pada inflasi.

Emas spot turun 0,1% menjadi $1,833.00 per ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 11 Februari di $1,845.06 pada hari Senin. Emas berjangka AS turun 0,2% menjadi $1,834.20 per ons.

Meskipun harga emas hari ini berhasil menguat, namun emas masih berjuang untuk terus membangun momentum dan hambatan yang dihadapai adalah kekhawatiran inflasi. Jumlah pekerjaan tersebut tidak berarti bahwa Fed tidak akan bertindak.

Ada level resistance signifikan untuk emas dalam zona $1,855 – $1,875, sementara level support masih berada di sekitar level $1,800.

Hal lainnya yang membuat emas melemah adalah indeks dolar yang naik 0,2% setelah mencapai level terendah lebih dari dua bulan di sesi sebelumnya menyusul data non-farm payrolls AS pada hari Jumat yang menunjukkan pertumbuhan pekerjaan secara tak terduga melambat pada bulan April.

Pasar saat ini sedang fokus pada laporan indeks harga konsumen AS yang akan dirilis pada hari Rabu untuk mengukur tekanan inflasi dan sikap kebijakan Federal Reserve.

Pejabat Fed masih ingin melihat inflasi yang lebih tinggi, lebih banyak pertumbuhan upah dan beberapa bulan kenaikan pekerjaan yang kuat dengan rata-rata 1 juta lapangan pekerjaan sebelum mereka mempertimbangkan untuk menyesuaikan kebijakan moneter, Presiden Bank Fed Chicago Charles Evans mengatakan pada hari Senin.

Pejabat pembuat kebijakan Bank of Japan memperingatkan risiko terhadap pemulihan ekonomi negara karena pembatasan pandemi membebani konsumsi layanan.

Pada perdagangan logam mulia lainnya, paladium naik 0,1% menjadi $2.961,52 per ons, perak turun 0,1% menjadi $27,29, sementara platinum turun 0,4% menjadi $1.241,64.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Jared Kushner akan terbitkan buku soal kepresidenan Trump

Jared Kushner, menantu mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan penasihat senior dalam pemerintahan Trump, telah mencapai kesepakatan untuk menulis sebuah buku, yang menurut...

Presiden: Johnson & Johnson akan kirim 2 juta dosis vaksin ke Afsel

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa pada Selasa (15/6) mengatakan bahwa produsen Johnson & Johnson akan mengirim dua juta dosis vaksin COVID-19 ke negara itu...

Biden Bertemu Erdogan di Sela-sela KTT NATO

Presiden AS Joe Biden Senin (14/6) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an di sela-sela KTT NATO di Brussels. Biden kepada awak media mengatakan kedua...

Usai Bertemu Putin, Biden Bersikap Realistis

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri pertemuan mereka di Jenewa. Biden menggambarkan pertemuan itu berlangsung “baik” dan “positif.”...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502