Harga Emas Bisa Ke $5000 Dalam Satu Dekade Mendatang

JAVAFX – Dalam kajian terkini dari Incrementum AG, harga emas diperkirakan bisa naik ke harga $ 5.000- $ 9.000 dalam 10 tahun kedepan. Ini merupakan perkiraan konservatif, sebagaimana disampaikan dalam laporan tahunan In Gold We Trust.

Laporan tahunan ke-14 membuat beberapa prediksi yang cukup berani untuk pasar emas, memperkirakan harga, setidaknya, mendekati $ 5.000 per ounce dan bahkan mungkin mendorong menuju $ 9.000 per ounce pada tahun 2030, manajer dana Incrementum AG dan penulis laporan Ronald-Peter Stoeferle dan Mark Valek menulis pada hari Rabu (27/05/2020).

Perbedaan antara apakah emas akan mendekati $ 5.000 per ons atau $ 9.000 per ons akan tergantung pada situasi utang global dan juga inflasi.

“Model penilaian kepemilikan menunjukkan harga emas USD 4.800 pada akhir dekade ini, bahkan dengan kalibrasi konservatif. Jika pertumbuhan pasokan uang berkembang dengan cara inflasi yang serupa dengan tahun 1970-an, harga emas USD 8,900 dapat dipikirkan pada tahun 2030, ”kata laporan itu.

Sistem moneter dalam bentuk saat ini semuanya memiliki tanggal kedaluwarsa, kata penulis laporan itu. “Karena turbulensi ekonomi dan moneter yang diharapkan, tahun-tahun mendatang akan menghadapi banyak tantangan bagi investor,” tulis Stoeferle dan Valek.

Dalam laporan tahun lalu, penulis menunjukkan bahwa emas berada pada tahap awal pasar bull baru.

Aksi perdagangan emas pada 2019 mengkonfirmasi pandangan ini karena harga naik jauh di atas $ 1.300 per ons dan terus naik ke level saat ini di sekitar $ 1.700 per ons. “Target harga emas kami> USD 1.800 untuk Januari 2021 masih dalam jangkauan,” kata laporan itu.

Harga emas di bursa Comex untuk kontrak bulan Juni diperdagangkan pada $ 1,708, naik 0,14%. Namun, dalam jangka pendek, harga masih bisa mengejutkan ke bawah karena mungkin ada terlalu banyak optimisme di ruang emas.

“Dari sudut pandang sentimen pasar saat ini, musim, dan laporan CoT, kita tidak akan terkejut melihat fase konsolidasi beberapa minggu,” tulis Stoeferle dan Valek.

Jangka panjang, laporan ini melihat tertinggi baru sepanjang masa untuk emas hanya sebagai masalah waktu. Dalam dolar, itu berarti emas menembus $ 1.920 per ons dan berdasarkan penyesuaian inflasi, itu berarti naik emas di atas $ 2.215.

“Pertanyaannya bukanlah apakah harga emas dalam USD akan mencapai tertinggi baru sepanjang masa, tetapi seberapa tinggi ini. Para penulis yakin bahwa emas akan terbukti menjadi investasi yang menguntungkan selama dekade ini dan akan memberikan stabilitas dan keamanan dalam portofolio apa pun, ”kata laporan itu.

Wabah COVID-19 telah mengubah lanskap pasar dengan cepat dengan mempercepat resesi yang terlambat, menurut penulis laporan.

“[Coronavirus] saat itu hanya sedotan yang mematahkan punggung unta … Kami saat ini mengalami kontraksi ekonomi yang paling menonjol dalam 90 tahun. Ekspansi yang didorong utang di AS telah mereda sejak akhir 2018, dan analis emas telah memperingatkan akan semakin gelapnya awan resesi tahun lalu. Diukur dalam emas, pasar ekuitas AS mencapai puncaknya lebih dari 18 bulan lalu. COVID-19 dan reaksi terhadapnya bertindak sebagai akselerator masif, ”kata laporan itu.

Incrementum AG telah mengesampingkan pemulihan berbentuk V karena ekonomi di seluruh dunia dibuka kembali.

Trier utama lainnya untuk harga emas adalah kegagalan normalisasi kebijakan moneter, yang memiliki konsekuensi serius bagi inflasi dan manajemen utang.

“Ada kebulatan suara di antara pemerintah dan bank sentral tentang cara memerangi konsekuensi ekonomi dari krisis Covid-19: Sebanyak mungkin orang harus diselamatkan, berapa pun biayanya … Hutang sekarang mengancam untuk keluar dari kendali demi kebaikan,” kata laporan itu.

Tetapi setelah wabah COVID-19, dunia akan menghadapi krisis utang global.

“Mungkin tidak mungkin lagi untuk membiayai utang, karena volume tabungan global tidak lagi cukup untuk memenuhi persyaratan pembiayaan yang diperlukan untuk menjaga mesin cetak elektronik tetap beroperasi,” tulis para penulis.

Menurut laporan itu, kekhawatiran inflasi mulai masuk juga, yang melihat inflasi sebagai “tema investasi dominan” untuk tahun-tahun mendatang.

“Bank sentral berada dalam kesulitan ketika datang untuk memerangi inflasi di masa depan. Karena pinjaman berlebih, tidak mungkin untuk memerangi inflasi yang baru lahir dengan kenaikan suku bunga yang besar, ”kata Stoeferle dan Valek.

Ini semua berita bagus untuk emas karena itu berarti bahwa suku bunga riil harus tetap di wilayah negatif untuk waktu yang lama. Saham perak dan pertambangan juga terlihat mendapat manfaat dari ini, tambah laporan itu.

Emas juga berpotensi menyalip peran yang dimainkan obligasi pemerintah dalam suatu portofolio karena tingkat utang tidak berkelanjutan mempertanyakan banyak obligasi pemerintah di luar sana.

“Intervensi untuk memerangi pandemi ini terlalu banyak menghambat keberlanjutan hutang banyak negara. Obligasi pemerintah akan semakin dipertanyakan sebagai safe-haven. Emas bisa mengambil peran ini, ”kata laporan itu.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Rencana Stimulus Tambahan VS NFP AS Pengaruhi Pergerakan Dolar AS

Hari Jumat lalu, Amerika telah merilis data NFP (Non-Farm Employment) yang di rilis membaik dan naik cukup signifikan dari 468.000 ke 916.000 dan data...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Proposal Infrastruktur $2 Triliun yang Diajukan Biden Hadapi Tantangan

Presiden Amerika Joe Biden baru-baru ini mengumumkan rencana pengeluaran $2 triliun yang bertujuan untuk memodernisasi jalan raya dan jembatan di Amerika, di antara berbagai...

Biden disebut telah buktikan janji kampanye terhadap Muslim

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disebut telah membuktikan janji saat kampanye pencalonannya sebagai presiden, terkait kebijakan terhadap Muslim dan Islam. Janji kampanye Biden untuk...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502