Harga Emas Gagal Pertahankan Kenaikan Pasca ECB, Investor Fokus Ke Fed

JAVAFX – Harga emas melepaskan keuntungan setelah rally mengikuti keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menurunkan suku bunga dan menjanjikan pelonggaran kuantitatif. ECB memangkas suku bunga pinjaman ke rekor terendah -0,5% sementara berjanji bahwa suku bunga akan tetap rendah lebih lama. Dikatakan ECB akan memulai kembali pembelian obligasi pada tingkat 20 miliar euro per bulan mulai 1 November.

Keputusan ECB tersebut mendorong investor memburu emas dan harga logam mulia ini bergerak naik dengan cepat menembus level $1500.00 dan mencatat harga tertinggi $1524.10. Namun kenaikan harga emas tidak bertahan lama dan dengan cepat juga berbalik turun hingga kembali dibawah level kunci $1500.00.

Gold Trading

Presiden AS, Donald Trump yang memuji keputusan ECB menurunkan suku bunga deposito juga telah mengecam The Fed karena tidak memotong suku bunga secara lebih agresif. Donal Trump men-twitt pada hari Kamis bahwa “tulang kepala” di bank sentral (Federal Reserve) harus memangkas suku bunga menjadi “NOL atau dibawah”.

Analis senior dari investing.com, Barani Krishnan mengatakan tindakan Bank Sentral Euro memangkas suku bunga telah menekan The Fed untuk mengambil tindakan dovish pada pertemuan kebijakannya pekan depan.